Bahaya Dan Kelebihan Memakai Softlen

Posted on

Lensa kontak atau yang sering di sebut Softlen adalah sebuah alat pengganti kacamata yang di gunakan untuk membantu penglihatan seseorang, tanpa mengurangi penampilan wajah.  Softlen ini terbuat dari pelastik yang mengandung air, biasa di pasang pada kornea mata. Seiring dengan perkembangan zaman, kini softlen tidak hanya di gunakan sebagai alat untuk membantu penglihatan, mereka yang tidak mempunyai masalah kesehatan mata pun juga banyak yang menggunakannya. Softlen kini telah bergeser lebih ke aksesoris kecantikan.

Para ahli kesehatan mata mengatakan bahwa softlen ini mempunyai massa aktif yang semakin lama akan mudah kotor. Kebanyaakan masyarakat Eropa memilih softlen dengan massa aktif  satu bulan. Sedangkan di USA, kebanyakan masyarakatnya memilih softlen dengan massa aktif 1 sampai 2 minggu saja. Namun di bandingkan dengan Negara kita, umumnya masyarakat Indonesia lebih memilih dengan massa aktif yang tahunan. Penggunaan softlen dengan sekali pakai inilah yang paling baik  dan sangat di sarankan oleh para ahli kesehatan mata.

Perawatan ini membutuhkan perhatian lebih dan harus dalam keadaan bersih. Untuk memeinimalkan gangguan mata dan menjadikannya sesuai dengan massa pakai, maka sebelum memakai dan melepas softlen cuci tangan terlebih dahulu. Cuci softlen dengan menggunakan pembersihnya, ini bisa dilakukan berulang  – ulang., minimal 2x. lalu guyur softlen tersebut menggunakan pembersihnya.

Gunakan softlen sesuai dengan kadar air pada mata anda. menggunakan softlen dengan kadar air  sedikit,  ini akan menyebabkan mata lebih mudah kering. Maka pilihlah softlen dengan kadar air yang tinggi. Anda juga bisa menanyakannya langsung pada dokter mata. jangan tergoda dengan harga murah! Sayangi mata anda. Jika sudah merasa tidak nyaman dengan softlen yang anda pakai segeralah untuk menggantinya.

Jika sedang menggunakan softlen. jangan berada di tempat yang berangin kencag atau berdebu, jagan di gunakan untuk tidur maupun  berenang. Hati – hati bagi anda yang sering menggunakan softlen saat tidur, karna softlen ini dapat mengikuti gerakan mata anda saat anda tidur.

Mengingat  fungsi mata yang begitu penting. Pengguna softlen ini sudah seharusnya mengetahui kekurangan dan kelebihan menggunakan softlen.

Kelebihan menggunakan softlen :

  • Dengan menggunakan softlen ini anda lebih leluasa dalam melakukan aktivitas. Karna tidak perlu memasang dan melepas seperti menggunakan kacamata.
  • Membuat anda lebih PD.
  • Factor kenyamana
  • Pengelihatan akan menjadi lebih baik
  • Baik untuk penderita cylinder

Tidak hanya memahami kelebihannya saja. namun, anda juga harus mengetahui resikonya, resiko yang mungkin terjadi,  Jika anda tidak memperhatikan aturan pakainya dan anda kurang disiplin.

Bahaya / kelemahan  menggunakan softlen :

  • Dapat menyebabkan mata merah dan iritasi

Hal ini biasa terjadi karena debu, pemakaian yang kurang benar atau bisa juga di sebabkan karna  terlalu lama di pakai.

  • Infeksi pada kornea

Hal ini dapat terjadi jika anda tidak merawat soflent dengan  baik. Ini di sebabkan karna tumbuhnya  jamur, bakteri, dan virus pada softlen. Yang membuat alergi pada mata.

  • Softlen terlalu ketat atau terlalu longgar

Ini di karenakan salah pemilihan kadar air pada softlen tersebut. Maka pilihlah softlen yang sesuai dengan kadar air pada mata anda. jika mata anda telah memiliki kadar air yang cukup banyak maka pilih lah softlen dengan kadar air yang sedikit. Begitu juga sebaliknya, jika mata anda memiliki kadar air yang sedikit maka pilih lah softlen dengan kadar air yang lebih banyak.

Pengetahuan mengenai softlen ini akan membantu pengguna dalam hal mengurangi resiko pada pada pengguna softlen. Sebelum menggunakan softlen calon pemakai di anjurkan untuk berkonsultasi pada dokter mata mengenai pemakaian softlen yang nyaman.

Gravatar Image

. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply