7 Bangunan yang Masuk dalam Kategori Keajaiban Dunia Kuno yang Paling Megah

Posted on

Untuk kalian yang belum tahu tentang 7 bangunan yang masuk dalam kategori keajaiban dunia kuno yang paling megah. Kalian dapat mengetahuinya karena saya akan mengulasnya yaitu, antara lain:

  1. Mercusuar Iskandariyah

Bangunan ini merupakan bangunan yang masuk dalam 7 keajaiban dunia kuno. Bangunan ini adalah sebuah mercusuar yang didirikan pada abad ke 3 sebelum masehi. Bangunan ini terletak di pulau Pharos yang berdekatan dengan kota Iskandariah kuno yang berada di Negara mesir kuno. Pada waktu beberapa ratus tahun lalu dibangunlah sebuah mercusuar dengan ketidak mungkinan jika diukur menggunakan teknologi saat itu. Bangunan ini tingginya diperkirakan lebih dari 115 meter. Akan tetapi bangunan yang besar ini runtuh saat ada dua gempa yang menimpa pada tahun 1303 dan 1323.

  1. Piramida Giza di mesir

Piramida Giza yang berada di Mesir merupaka satu satunya 7 keajaiban dunia kuno yang masih bertahan sampai sekarang. Piramida ini dibangun pada abad 2500 sebelum masehi. Bangunan yang berbentuk piramida ini ditujukan untuk penguasa mesir yang mempunyai gelar Pharaoh atau Firaun.

Di dalam piramida ini terdapat jasad para Firaun dan banyak sekali peninggalan peninggalan berupa harta  benda yang dikubur secara bersamaan. Membutuhkan waktu berpuluh puluh tahun hingga ratusan tahun untuk membangun satu piramida saja.

Masyarakat mesir percaya jika kubutran raksasa ini menyimpan berbagai kutukan untuk yang berani membongkarnya atau memasuki serta mencuri harta benda yang berada di dalam piramida ini.

  1. Taman Gantung di Babilonia

Bangunan yang berupa taman gantung ini terletak di Babilonia yang  ada di wilayah Irak. Taman gantung ini berbentuk seperti Piramida Giza yang berada di mesir. Akan tetapi bangunan ini mempunyai perbedaan pada susunan bidang miringnya berupa tangga yang bertingkat tingkat. Dulu bangunan ini ditumbuhi banyak tanaman sehingga saat dilihat dari kejauhan tampak seperti bangunan yang menggantung.

  1. Patung Zeus di Olympia

Patung zeus ini berukuran setinggi 12 meter yang dibuat seorang pematung ternama yang bernama Phidias di jamannya. Bangunan ini dibangun pada tahun 432 sebelum masehi yang diperuntukkan sebagai symbol pemujaan untuk dewa zeus di Olympia, Yunani.

Patung ini menggambarkan Zeus sedang duduk di singgasana akan tetapi saat ini patung tersebut sudah hancur. Akan tetapi saat ini belum ada yang bisa menjelaskan dari sebab mengapa patung ini hancur.

  1. Kuil Artemis di Eufesus

Eufesus merupakan sebuah kota yang berada di Turki.  Saat ini namanya bukan Eufesus lagi. Akan tetapi terdapat berbagi sisa sisa peninggalan peradaban masa lalu yang masih ada sampai sekarang. Salah satu peninggalan peradaban kuno yang berada di Eufesus yang diakui sebagai 7 keajaiban dunia yaitu kuil Artemis. Tujuan dibangunnya kuil ini adalah sebagai tempat pemujaan yang ditujukan pada Dewi Artemis. Dewi Artemis atau dewi bangsa yunani ini dianggap sebagai dewi perburuan, pelindung dari binatang liar, serta penguasa alam. Dewi Artemis ini merupakan adik dari Dewa Apollo.

Kuil Artemis ini merupakan bangunan yang paling megah dari peadaban Yunani serta budaya Helenistik. Bangunan ini berdiri dengan kolom marmer yang berjumlah 127 dengan ketinggian masing masing 20 meter. Bangunan ini kini hanya tersisa struktur pondasinya saja karena hancur oleh beberapa kejadian.

  1. Patung Raksasa Rhodes

Patung raksasa Rhodes ini merupakan sebuuah patung yang berbahan dasar perunggu yang pernah berdiri setinggi 32 meter. Pondasi yang digunakan untuk mendirikan patung ini adalah batu marmer. Pembangunan patung ini termotivasi oleh warganya yang member rasa hormat pada Dewa Matahari, Helios. Mereka beranggapan bahwa Helios telah membantu Rhodes mencegah serangan Demetrius yang berasal dari Macedonia. Charles merupakan insinyur yang telah merancnag serta memimpin dalam pembangunan patung ini yang berasal dari wilayah Lindos.

Patung penghormatan ini membutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk berdiri. Akan tetapi, 56 tahun kemudian setelah dibangunnya patung ini, tepatnya tahun 227 sebelum masehi wilayah ini tertimpa sebuah gempa yang dahsyat sehingga patung raksasa ini runtuh. Jika kalian ingin melihat sisa peninggalannya datanglah ke Suriah, nantinya kalian akan melihatnya.

  1. Mausoleum Maussollos

Mausoleum Maussollos adalah sebuah makam yang dibangun antara 353 dan 350 sebelum masehi di Halicarnassus yang terletak di wilayah Bodrum, Turki. Bangunan ini diperuntukkan untuk Mausolus, satrap kekaisaran Persia serta Artemisia II dari Caria. Struktur dari bangunan ini didesain oleh arsitek yang berasal dari Yunani yaitu Satyrus dan Pythius. Bangunan ini mempunyai ketinggian sekitar 45 meter.

Sekian dulu artikel dari saya tentang 7 bangunan yang masuk dalam kategori keajaiban dunia kuno yang paling megah semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah pengatahuan kalian, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply