Mari Kenali, 10 Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil

Posted on

Tentu saja semua wanita menginginkan bayi mereka lahir dengan normal tanpa ada kendala sedikitpun, namun ada juga sebagian orang yang sering menyepelekan kesehatan mereka dan tidak rutin memeriksakan kesehatan dan kandungannya kepada dokter ketika mereka sedang hamil. Kendala tersebut yang dapat mempengaruhi kesehatan bayi mereka, apalagi jika sampai terjadi keguguran, hal inilah yang paling ditakuti wanita hamil. Oleh karena itu, sebaiknya mereka selalu menaati anjuran dari dokter agar kesehatan dan kandungan mereka dapat dikondisikan dalam kondisi yang baik.

Keguguran tidak terjadi sekali dalam seumur hidup, bisa saja keguguran terjadi berulang-ulang jika ibu masih tidak bisa menjaganya dengan baik ataupun karena mereka belum tau apa saja yang bisa menyebabkan kandungan mereka gugur. Inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil :

Penyebab keguguran pada ibu hamil

Penyakit yang menyerang si ibu

Ketahuilah, keguguran dapat terjadi kapan saja walaupun usia kandungan masih muda ataupun ketika ibu mau melahirkan keguguran masih bisa saja terjadi. Banyak oenyekit yang dapat mempengaruhi kesehatan kandungan anda, seperti anemia, darah tinggi, diabetes melitus dan lainnya. Mungkin anda mengira bahwa bayi anda tetap baik baik saja, tapi kondisi fisik yang lemah dapat menyebabkan keguguran pada kandungannya, sebab bayi tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup ketika tubuh anda sedang sakit.

Si ibu seorang perokok

Pasti anda sudah tau bahwa rokok sangat berbahaya bagi tubuh anda, rokok juga dapat merusak pembuluh darah yang mengakibatkan sebagian nutrisi tidak dapat masuk untuk mencukupi kebutuhan bayi, akibatnya bayi anda kurang mendapatkan nutrisi untuk membuatnya tetap bertahan hidup didalam rahim si ibu, bayi akan sulit untuk berkembang dan keguguranlah yang menjadikan semuanya berakhir.

Infeksi kewanitaan

Bacterial vaginosis adalah bakteri yang sangat berbahaya untuk ibu hamil, bakteri tersebut akan berkontraksi dan bisa menyebabkan bayi menjadi lahir sebelum waktu kelahirannya. Selain itu, bakteri yang disebabkan oleh keputihan juga harus anda waspadai, atau lebih amannya anda berkonsultasi kepada dokter jika anda sedang keputihan ketika hamil agar bakteri tersebut tidak memngifeksi janin anda secara cepat.

Kelelahan dan pikiran yang stress

Sebaiknya anda mengurangi beberapa aktivitas anda ketika anda sedang hamil, jangan pernah memaksakan diri jika memang sudah tidak sanggup melakukan aktivitas tersebut. Sebab biasanya ibu hamil sangat mudah merasa kelelahan dan itu dapat mempersempit pembuluh darah mereka yang mengakibatkan oksigen sulit masuk untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan janin mereka. Akibatnya rahim akan berkontraksi dan janin akan terancam keguguran.

Infeksi pada janin

Keguguran memang dapat terjadi kapan saja, infeksi toksoplasma rubella yang menganggu kesehatan janin anda dapat mengakibatkan janin anda gugur dalam waktu 3 bulan saja.

Imunitas tubuh menurun

Daya tahan tubuh yang menurun dan tiba tiba drop adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan janin anda keguguran, banyak virus yang akan masuk dengan mudah kedalam tubuh anda ketika anda kurang fit dan bisa saja virus tersebut menyebabkan kematian pada janin anda.

Infeksi virus yang tidak diketahui

Sudah banyak kasus keguguran yang diakibatkan sebuah virus yang tidak bisa terdeteksi ketika didalam tubuh anda, hanya hal sepele yang terjadi tapi hal tersebut dapat mengakibatkan janin anda meninggal karena virus yang tak terdeteksi. Oleh karena itu, jagalah kondisi tubuh anda jangan sampai anda kelelahan ataupun kebanyakan pikiran.

Defisienzi gizi

Semua ibu hamil pasti memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh dan janin mereka, apalagi kandungan zat folat dan zat besi yang sangat dibutuhkan seorang ibu ketika hamil, kedua kandungan tersebut dapat menjaga janin anda dari resiko keguguran yang tinggi.

Polusi

Polusi sangat berbahaya untuk kesehatan seorang ibu hamil, oleh karena itu tingkat keguguran tertinggi adalah wanita kota, sebab mereka terlalu sering terkena polusi di kota dan kurang menjaga makanan mereka.

Defeak dase luteal

Fungsi sebuah hormon didalam kandungan ibu untuk menjaga janin agar relaks dan tidak lahir sebelum waktunya telah mengalami kelainan yang menyebabkan seorang ibu tidak bisa mempertahankan kandungannya dengan baik. Kelainan hormon ini terjadi pada beberapa orang dan menyebabkan bayinya keluar sebelum waktunya.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply