Gejala Awal Kanker Rahim Yang Tak Boleh Kamu Abaikan
Gejala Awal Kanker Rahim Yang Tak Boleh Kamu Abaikan

Gejala Awal Kanker Rahim Yang Tak Boleh Kamu Abaikan

Posted on

Ladies, Kanker rahim merupakan sejenis penyakit yang paling menakutkan bagi perempuan. Bagaimana tidak, dengan adanya kanker pada rahim akan membuat seseorang perempuan menjadi tidak bisa hamil, dan yang lebih mengerikanya bisa menyebabkan kematian. Kanker rahim dikarenakan oleh virus HPV . virus tersebut merupakan jenis mikroorganisme dengan ukuran kecil yang menyerang kulit lewat infeksi. Hasilnya, infeksi ini menumbuhkan kutil.

Yang lebih menakutkan yakni hasil dari sebuah survey yang dilakukan oleh lembaga peduli kanker, surney membuktikan jumlah penderita kanker rahim yaitu sepertiga dari seluruh kanker yang berkembang di Indonesia. Tak hanya itu, data dari WHO menyebutkan bahwa jutaan perempuan meninggal setiap tahunya akibat menderita penyakit ini, sekaligus jadi penyebab utama kematian perempuan di dunia.

Akibat kuranganya pengetahuan para perempuan soal kanker rahim dan apa saja gejalanya, pasien yang terjangkit virus HPV biasanya akan membiarkan sebuah gejala terjadi, selanjutnya tanpa dia sadari bahwa dia sedang membiarkan virus HPV tumbuh dan berkembang menyerang system kekebalan tubuh perempuan. Hal inilah yang pada akhirnya memicu tumbuhnya kanker. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan untuk melakukan pemeriksaan medis untuk mencegah tumbuh dan berkembangnya virus.

Gejala Awal Kanker Rahim Yang Tak Boleh Kamu Abaikan
Gejala Awal Kanker Rahim Yang Tak Boleh Kamu Abaikan

maka sangat penting bagi kamu, para perempuan untuk mengetahui penyakit kanker rahim dan apa saja gejalanya.

Gejala awal kanker rahim

Keputihan berlebihan

Keluar cairan dari miss v memang hal yang normal apabila kelurnya dalam jumlah sedikit dan tak berbau. akan tetapi kalau keluarnya dalam jumlah yang banyak, maka kamu harus waspada. Cermati apakah cairan yang keluar berubah menjadi kenatl, berbau gak enak, dan berwarna kehijauan atau kecoklatan

Timbul rasa sakit pada daerah kewanitaan

Gejala berikutnya yakni timbul rasa sakit pada daerah kewanitaan. Rasa sakit ini timbul setelah virus HPV berkembang dan telah sukses menyerang system kekebalan tubuh. bukan hanya pada daerah kewanitaan, rasa sakit ini akan terus meluas ke area bagian bawah perut, paha, persendian panggul, dan ketika buang air besar.

Tidak teratur buang kecil

Gejala kanker rahim juga bisa dideteksi dari kebiasaan buang air kecil. Jika kamu melihat perubahan yang aneh saat buang air kecil, hilangnya control kandung kemih atau perubahan warna biasanya disertai dengan darah, jika hal tersebut terjadi maka kamu harus segera periksa ke dokter.

Keluar darah

Normal jika darah keluar pada saat menstruasi, akan tetapi jika sering keluar darah. Seperti pada saat berhubungan intim, bahkan diiringi rasa sakit tatkala buang air kecil, maka kamu harus segera melakukan check-up ke dokter spesialis.

Kaki bengkak

Salah satu kegiatan virup HPV yang terlihat secara fisik yaitu dengan terjadinya pembengkakan pada area kaki. Hal ini disebabkan oleh leher rahim yang membengkak dan akibatnya aliran darah menjadi terhambat.

Cepat merasa lelah

Rasa lelah memang suatu alarm bagi kamu untuk beristirahat, tetapi apabila pada saat melakukan sedikit rutinitas, atau bahkan pada saat bersantai kamu merasa lelah, maka hal tersebut bisa saja merupakan gejala-gejala virus sudah mulai menggerogoti system kekebalan tubuh kamu.

Kanker rahim bisa mengurangi jumlah sel darh merah yang sehat lalu akan diganti dengan sel-sel darah putih yang dapt melawan penyakit. Hal tersebut bisa menyenbabkan anemia yang biasanya menyebabkan perempuan cepat merasa lelah, energy berkurang, dan bisa juga menyebabkan penurunan berat badan sebab menurun atau bahkna nafsu makan hilang.

Oke ladies, mungkin demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply