Bunda, Berikut Tips Dan Cara Mendidik Buah Hati Jadi Baik
Bunda, Berikut Tips Dan Cara Mendidik Buah Hati Jadi Baik

Bunda, Berikut Tips Dan Cara Mendidik Buah Hati Jadi Baik

Posted on

Bunda, semua orang tua di dunia ini pastinya berharap buah hatinya tumbuh menjadi anak yang baik, cerdes, dan berbudi luhur pekerti. Agar bisa mewujudkan hal tersebut, orang tua perlu memiliki metode mendidik yang mumpuni. Namun, terkadang orang tua terlalu menggurui dalam mendidik sampai membuat buah hati justru merasa tak nyaman.

Bunda, Berikut Tips Dan Cara Mendidik Buah Hati Jadi Baik
Ibu Dan Buah Hati

Namun tenang saja bun. Tanpa menjadi guru, ternyata ada banyak tips dan cara sederhana yang dapat dicoba untuk mendidik buah hati menjadi lebih baik. Pastinya juga dapat disesuaikan dengan karakter dan kepribadian sang buah hati. Yuk, kita kupas tips-tipsnya di bawah ini, check this out!

Menjadi panutan langsung

Orang tua merupakan panutan pertama buah hati. Apa saja yang dilakukan orang tua dengan mudah ditiru oleh sang buah hati. Tunjukan perilaku yang baik, santun, positif, penuh simpati, dan rasa peduli terhadap orang-orang yang ada disekitar. Dengan sendirinya buah hati akan mengikuti perilaku tersebut.

Kamu juga harus menyampaikan nilai-nilai kebaikan pada sang buah hati. Ikutkan mereka untuk melakukan hal-hal positif dan bermanfaat bagi orang-orang di sekitar. Seperti, mengumpulkan uang dengan menjual barang-barang tak terpakai atau bekas di rumah. Kemudian uangnya didonasikan ke orang-orang yang membutuhknya misalkan orang tak mampu, korban banjir, panti asuhan dan lain sebagainya. Dengan tindakan dan contoh yang jelas dan langsung, maka buah hati akan lebih mudah menyerap arti kebaikan dan nilai-nilai positif dalam hidup.

Konsisten

Konsisten yang dimaksud disini yakni tentang perilaku. Contoh mudah, kamu mengajarkan buah hati untuk berbicara sopan dan santun pada orang yang lebih tua. namun ternyata perilaku kamu menunjukan sebaliknya. Kamu sering berbicara kasar pada orang yang lebih tua. di sini, buah hati akan menjadi bingung dan sulit menentukan sikapnya. Well, mulai sekarang kamu harus merubah sikapmu dan ucapanmu harus selaras dengan tindakanmu, oke!

Mendidik buah hati tanpa menggurui memang hal yang gampang-gampang susah. Namun selama kamu sebagai orang tua dapat mendidik buah hati dengan perasaan yang lembut dan sabar, maka hasilnya pasti akan berbuah manis dan usahamu tak akan menghianatimu.

Membantu anak memahami perasaanya

Orang tua wajib mengajarkan tentang simpati pada buah hati sejak dini. Buah hati perlu memahami tindakan orang lain. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang lebih penting. Yakni buah hati perlu tahu dulu cara memahami dan mengerti perasaanya sendiri. Saat buah hati sudah paham dan mengerti tentang emosinya sendiri, dia akan lebih mudah memahami dan mengerti emosi orang lain di sekitarnya.

Misalnya buah hati sedang marah, coba tanyakan apa alasan di balik dia marah. Apa latar belakang yang membuat dia merasakan emosi marah tersebut, dengan demikian secara tidak langsung sang buah hati akan belajar mengendalikan emosinya. Dan kamu sebagai orang tua jangan pernah menghakimi atau menyalahkan buah hati saat dia mengeluarkan emosi negatif.

Beri rasa bahagia saat anak melakukan kebaikan

Bunda, saat buah hati sukses melakukan sebuah kebaikan, maka kamu harus menunjukan padanya bahwa kamu bangga atas kerja kerasnya. Buat dia merasa bahagia. Sehingga nantinya dia akan makin termotivasi dan semakin bersemangat untuk melakukan lebih banyak kebaikan lagi ke depanya. Kamu juga bisa sesekali beri sang buah hati hadiah atau semacam penghargaan saat dia selesai melakukan sebuah hal positif.

Selain demikian, kamu juga harus beri pemahaman pada buah hati bahwa mengerjakan kebaikan itu tidak harus menunggu dilihat atau disuruh orang. Jangan sampai buah hati hanya mau mengerjakan kebaikan kalau ada imbalanya. Yang tak kalah penting lagi yaitu beri jua pemahaman bahwa di dunia ini ada orang yang baik dan juga ada orang yang kurang baik. Bantu buah hati mempersiapkan mentalnya tatkala kebaikan yang dia kerjakan tak di respon bahkan tak dihargai orang lain.

Oke bunda, mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi seluruh orang tua di dunia khusunya orang tua di Indonesia.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply