Apa itu Insomnia? Dan Apa Saja Gejalanya?

Posted on

Insomnia? Insomnia ialah suatu penyakit dimana kondisi seseorang akan mengalami kesulitan untuk tidur ataupun tidak bisa tidur dengan lama, sesuai dengan waktu yang dibutuhkannya dan meskipun ia memliki kesempatannya.Dan hal tersebut akan menyebabkan kondisi fisik si penderitanya akan menjadi tidak fit, apalagi untuk melakukan aktivitas untuk keesokan harinya.

insomnia ialah penyakit yang sangat mengganggu waktu tidur kita

Dan adapun tidur ini merupakan sebuah keadaan yang tidak sadar, keadaan seperti ini bisa saja terjadi secara alami loh guys. Mungkin pada saat anda tertidur, tubuh anda akan melalui sebuah siklus yang bergantian antara gerakan mata yang cepat ini. Dan satu siklus tidur itu tidak berlangsung kurang lebih selama 90 menit. Karena pada umunya tidur ini diawali dengan 4 tahap non-REM yang terdiri dari tidur ringan hingga tidur yang dalam. Dan selanjutnya dilanjutkan dengan tidur REM dimana tidur pada tahap ini adalah sebuah proses mimpi itu terjadi.

Gejala  insomnia

Untuk gejala insomnia ini mugkin sudah banyak orang yang mengetahuinya bukan guys. Karena pada umumnya sangat sukit sekali untuk kita bisa menentukan ukuran tidur normal ataukah tidak, karena kebutuhan tidur tiap orang itu berbeda-beda. Dan hal tersebut juga dipengaruhi oleh faktor usia, lingkungan, gaya hidup, dan juga pola makan tentunya. Adapun gejala-gejala insomnia pada umunya ialah:

  • Susah tidur.
  • Terbangun pada malam hari ataupun dini hari dan anda tidak akan bisa tidur kembali.
  • Merasa lelah, sulit berkomunikasi, uring-uringan, dan anda tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik pada siang harinya.
  • Tidak bisa merasakan tidur siang meskipun tubuh anda merasa lelah.

Penyebab insomnia

Mungkin ada beberapa faktor penyebab insomnia ini, yang pada akhirnya akan berujung pada kondisi kepala sulit untuk tidur pada jangka waktu yang cukup lama. Adapun semua itu terjadi karena gaya hidup dan bisa juga karena kenyamanan ruangan kamar anda dan juga bisa karena akibat gangguan psikologi, efek samping obat-obatan dan masalah kesehatan fisik.

Pengobatan insomnia

Hal pertama yang bisa anda lakukan ialah periksa ke dokter apa sih penyebab datangnya penyakit insomnia ini? Jika penyakit insomnia ini diakibatkan karena kebiasaan ataupun karena pola gaya hidup anda yang tidak sehat, maka pastinya dokter akan menyarankan anda untuk memperbaikinya. Dan jika penyakit insomnia ini terjadi karena gangguna kesehatan, maka dokter akan terlebih dahulu member anda saran akan penyakit anda itu.

Dalam beberapa banyak kasus insomnia ini, kebanyakan dokter akan menyarankan pasiennya untuk terus menjalani terapi akan perilaku kognitif. Karena terapi ini juga bisa mengubah perilaku si pasien loh dan juga mengubah pola piker yang sering memengaruhi tidur mereka sehingga tidur mereka tidak nyenyak.

Saat yang tepat untuk anda memeriksakan diri ke dokter

Dan sebaiknya untuk anda yang menderita penyakit insomnia ini periksakanlah segera mungkin ke dokter, guna anda bisa merasakan nyenyaknya tidur semalam yang sudah lama anda tidak bisa merasaknnya karena insomnia ini. Karena kelelahan karena penyakit insomnia itu juga bisa memengaruhi suasana hati anda loh dan juga bisa menciptakan banyak masalah di dalam hubungan anda dengan rekan kerja ataupun dengan orang-orang terdekat anda.

Oke guys, mungkin artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Dan satu lagi jangan lupa ubahlah gaya hidup anda jika anda tidak ingin memiliki penyakit insomnia karena rasanya juga tidaklah enak dan bahkan bisa membuat hidup anda menjadi banyak masalah loh.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply