Mari Kenali 12 Gejala Awal Kolesterol Tinggi yang Tidak Disangka-Sangka

Posted on

Sering sekali kolesterol tinggi menjadi masalah bagi sebagian orang dewasa dan lansia, gejalanya sangat mudah dirasakan oleh tubuh ketika sistem tubuh anda bekerja. Biasanya, kolesterol datang dikarenakan faktor makanan yang kurang terpantau, apalagi kadar lemak yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan anda, seperti kerusakan pembuluh darah, stroke, penyempitan arteri dan lainnya.

Kolesterol dapat diuji dengan jumlah kadar LDL pada darah anda, pengujian kolesterol akan dilakukan lebih rutin pada orang yang memiliki penyakit tertentu. Tapi anda sendiri juga bisa mengetahui beberapa gejala orang yang terkena kolesterol, inilah beberapa gejala ringan pengidap kolestrol :

12 Gejala awal kolesterol tinggi
  1. Sakit pada kaki dan tangan

Biasanya seseorang yang memiliki kolestrol tinggi dia akan sering merasakan sakit pada kaki dan tangan, seperti ketika dia mengangkat barang maka tangannya akan merasa sakit dan tidak nyaman bekerja. Atau bisa saja dia akan lebih sering merasakan kesemutan pada daerah kaki dan tangan, sehingga mereka tidak dapat memungsikan anggota tubuh mereka dengan baik.

  1. Nyeri pada dada

Banyak orang yang belum menyadari ketika mereka merasakan nyeri pada dada, bisa saja mereka terkena penyakit kolestrol. Kadar kolestrol yang sudah tinggi mampu membuat aliran darah menjadi tidak lancar, hal inilah yang membuat anda merasakan nyeri pada dada. Tetapi, umumnya orang mempercayai bahwa nyeri pada dada hanyalah karena rasa lelah yang berlebihan

  1. Sulit bernapas

Kadar kolestrol yang tinggi akan menumpuk pada aliran arteri anda, hal ini mengakibatkan jantung kesulitan untuk memompa darah dan membuat tubuh anda kekurangan oksigen.

  1. Otot kaki lemah

Kandungan kolestrol yang tinggi dapat membuat arteri anda sulit untuk mengalirkan darah dan membuat otot kaki anda lemah. Biasanya ini terjadi pada penderita hipertensi yang juga terkena kolestrol.

  1. Tubuh yang lelah

Tubuh yang tidak mendapatkan kandungan oksigen yang cukup dan aliran darah yang tidak mencukupi, tetapi mereka memiliki aktifitas yang sangat banyak, hal ini dapat membuatnya lebih lelah dari biasanya. Sebab, mereka dipaksa untuk tetap melakukan sebuah pekerjaan ketika kondisi fisik mereka tidak stabil.

  1. Sakit kepala

Tekanan darah yang sangat tinggi bisa menyebabkan arteri pecah, sebab darah yang mengalir terlalu cepat dan jika kebocoran terjadi dibagian otak, bisa saja anda terkena kerusakan pembuluh darah.

  1. Nyeri punggung dan leher

Rasa tidak nyaman pada leher dan punggung anda yang sangat berat terjadi karena kadar kolestrol yang sangat tinggi pada tubuh anda, hal ini menyebabkan pembuluh darah yang menyempit karena adanya plak yang disebabkan oleh kolestrol.

  1. Keseimbangan yang berkurang

Otot kaki dan tangan yang sudah melemah akan menjadikan mereka sangat tidak nyaman dan membuat mereka kehilangan keseimbangan. Arteri yang tidak mendapatkan aliran darah dan plak kolestrol yang menganggu sistem kerja syaraf akan membuat penderita kolestrol tidak seimbang, biasanya keadaan seperti ini dijumpai pada lansia.

  1. Wajah memerah

Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah pada bagian wajah anda membesar dan membuat wajah penderita memerah. Selain itu, anda juga merasa tidak nyaman pada daerah wajah dan membuat penderita ingin emosi.

  1. Mual dan muntah

Saluran pencernaan anda akan terganggu sebab tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik, gejala yang akan muncul yaitu mual, muntah, sakit kepala dan nafsu makan yang menurun. Biasanya kondisi seperti ini juga membuat penderita kehilangan kesadaran.

  1. Emosi yang tidak stabil

Ini adalah salah satu gejala bahwa anda memiliki kadar kolestrol yang tinggi, anda akan lebih mudah marah walaupun itu hanya masalah yang kecil. Hal ini terjadi karena aliran darah yang tidak teratur akan membuat tubuh terasa tidak nyaman.

  1. Kesemutan

Peredaran darah pada arteri yang tidak lancar dapat membuat anda merasa kesemutan, apalagi saat kaki anda bersila ataupun tangan anda menyangga kepala anda.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply