10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Populer

Posted on

Buat kalian yang suka traveling, pastinya kurang pas jika kalian tidak mencoba makanan khas di tempat tujuan kalian. Mungkin tidak banyak dari traveler traveler lain yang selalu jalan jalan tapi ada yang belum tau atau belum mengenal atau bahkan belum mencoba makanan khas dari tempat yang  mereka tuju. Kali ini saya akan member sedikit pengetahuan tentang makanan khas dari Indonesia yang bisa kalian coba saat kalian berkunjung ke tempat tempat wisata yang ada di Indonesia. Berikut ini merupakan 10 makanan khas Indonesia yang paling populer antara lain yaitu:

  1. Mie Aceh

Mie Aceh ini adalah salah satu makanann khas daerah Aceh yang berbahan dasar dari mie kuning tebal yang diirisi dengan daging sapi, kambing ataupun seafood yang disajikan dalam bentuk sup yang diberi kuah sejenis kuah kari yang pedas dan gurih.

  1. Bika ambon

Bika ambon ini adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Medan, Sumatera Utara. Bika Ambon ini terbuat dari beberapa macam bahan yaitu seperti telur, santan dan gula yang biasanya beraroma daun pandan wangi. Salah satu makanan daerah Medan ini adalah bika ambon.

  1. Rendang Padang

Rendang merupakan makanan yang khas Indonesia yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Bahan dasar dari rendang yaitu daging serta santan kelapa. Rendang biasanya memiliki kandungan rempah rempah yang sangat banyak.

  1. Gulai ikan patin Jambi

Gulai ikan patin merupakan masakan masyarakat dari jambi  yang sangat terkenal serta populer. Gulai ikan patin dimasak menggunakan daging buah durian yang telah difermentasi atau disebut juga dengan tempoyak. Namun juga ada orang yang mengganti tempoyak dengan menggunakan santan kelapa sebab menghindari bau serta rasa tempoyak yang menyengat.

  1. Pendap Bengkulu

Pendap adalah salah satu masakan khas dari Bengkulu. Makanan ini sering dicari oleh wisatawan untuk dibawa pulang ke rumah mereka sebagai oleh oleh. Masakan ini terbuat dari bumbu yang beragam yaitu seperti kencur, bawang putih dan cabai yang sudah digiling. Lalu semua bahan tersebut dicampur secara merata dengan parutan kelapa.

  1. Gulai belacan Riau

Makanan khas Indonesia selanjutnya yang berasal dari Riau adalah gulai belacan. Gulai ini terbuat dari belacan yaitu masakan yang berbahan dasar kauh yang telah dicampur dengan terasi. Tapi biasanya gulai belacan berbahan dasar daging atau dari udang dan ikan.

  1. Pempek Palembang

Pempek merupakan makanan yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Umumnya makanan ini terbuat dari ikan dan sagu. Tapi sekarang makanan ini tidak hanya ada di Palembang saja karena telah banyak masyarakat dari sumatera selatan yang telah memproduksinya.

  1. Mie Bangka

Salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Bangka adalah mie Bangka. Makanan ini menggambarkan tentang ciri khas masyarakat yang ada di pulau Bangka. Bahan dasar dari mie Bangka ini adalah mie basah yang berwarna kuning dan disiram dengan kuah yang telah diberi bumbu. Kuahnya terbuat dari campuran udang, cumi cumi, ikan ataupun kepitng. Biasanya makanana ini tambahan taoge, mentimun dan kerupuk. Makanan ini biasanya disajikan dalam keadaan panas agar sensasi pedas dari cabenya terasa.

9. Seruit Lampung

Makanan khas Indonesia selanjutnya yang berasal dari lampung yaitu seruit. Bahan dari masakan ini adalah ikan yang sudah digoreng atau dibakar lalu dicampur dengan tempoyak dan mangga. Biasanya jenis ikan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan seruit ini adalah ikan yang ukurannya besar, seperti ikan belide, baung , ikan layis dan lain sebagainya. Jika makanan ini disajikan dengan lalapan seperti mentimun atau tomat akan terasa sangat lezat.

  1. Kerak telor Jakarta

Makanan khas Indonesia selanjutnya adalah kerak telor yang berasal dari Jakarta. Sebenarnya kerak telor ini merupakan perpaduan dari kuliner yang berasal dari portugis. Kerak telor biasanya dijadikan sebagai simbol kuliner klasik dari Betawi.

Demikian artikel dari saya tentang 10 makanan khas Indonesia yang paling populer semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply