Bahayanya memakai HP Atau Laptop Di Dalam Ruangan Gelap

Posted on

Kita pasti sering melakukan tindakan seperti ini. Apakah kalian tidak mengetahui melakukan kegiatan seperti ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Mungkin kebanyakan dari kita tidak mengerti bahwa bermain gadget di ruangan yang gelap itu tidaklah baik dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Salah satu kegiatan yang mungkin sering kita lakukan adalah bermain HP sebelum tidur. Entah itu update status yang gak jelas ataupun sekedar cek pesan. Kemajuan teknologi saat ini memiliki dampak timbal balik untuk kesehatan kita, jika kita menggunakannya dengan cara yang salah ataupun berlebihan. Pada waktu malam otak kita ini memperodksi hormone yang bernama atau di sebut melotonin, dengan adanya perubahan alam siang dan malam Karena kita terlalu keasikan bermain smarphone sebelum tidur akan membuat tingkat kandungan melatonim menjadi rendah dan akan berefek membuat kita rentan terhadap serangan penyakit, salah satunya penyakit yang mematikan seperti kanker.

Bahayanya memakai HP atau Laptop di ruangan yang gelap

Jurnal terbaru yang di produksi dalam new England journal of machine menjelaskan bahwa ada dua orang yang mengalami kebutaan semntara selama kurang lebih 15 menit dalam beberapa bulan terkhir ini. Dokter Gordon plant adalah dokter spesialis mata ini  di London England memeriksa dan juga menanyakan kegiatan yang tiap hari dia lakukan dan ternyata ke dua wanita itu mengerjakan hal yang sama, kedua-duanya menjawab bahwa mereka sering mengecek HP mereka sebelum tidur dan itu dalam keadaan gelap serta sambal berbaring.

Menurut kesimpulan dari dokter plant kedua wanita ini sering melakukan aktifitas yaitu mengecek hpnya sebelum tidur di dalam keadaan gelap dan mereka dalam posisi tidur miring dan keadaan salah satu mata mereka tertutup oleh bantal dan sambal melihat layar hp, jadinya mata  yang satu beradaptasi dengan keadaan gelap dan yang satunya menyesuaikan dengan layar smartphone yang terang.

Tapi hipotesis ataupun kesimpulan dari dokter Gordon plant yang menjelaskan bahwa hal itu dapat menyebabkan kebutaan sementara ini di ragukan oleh dokter Rahul khurana yang berasal dari American academy of ophtmelogy yang merupaka  seorang juru bicara. Beliau mengatakan jika melihat HP dengan satu mata sangat aneh dan juga sulit untuk di aktivitaskan (dilakukan), akan tetapi penemuan tentang melihat HP atau laptop di tempat gelap sangat baik serta menarik untuk di uji kebenarannya.

Studi lainya juga menjelaskan bahwa jika cahaya ponsel yang terang masuk ke dalam mata melebihi wkatu tertentu (30 menit) dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian retina mata. Bila retina mengalami kerusakan maka akan beresiko terkena kanker mata dan bahkan bisa berakibat fatal (kebutaan). Rusaknya retina biasanya baru berdampak di usia senja, tapi di saat ini sudah banyak orang di usia 30-40 tahunan yang mulai mengalami kerusakan pada retina.

Tips serta saran dari saya agar dapat terhindar dari hal-hal di atas adalah sebisa mungkin agar menghindari penggunaan gadget atau yang lainyya di ruangan yang gelap. Akan tetapi jika itu mendesak dan sangat penting kalian bisa mengurangi cahaya dari HP kalian. Demikianlah artikel saya mengenai bahaya memakai HP atau Laptop di ruangan yang gelap, semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dan bisa menambah wawasan kalian…TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA…

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply