Buah dan Sayur Yang Dapat Menambah Darah Baik untuk Penderita Anemia

Posted on

Anemia atau darah rendah adalah kondisi di mana sel darah merah atau protein yang mengikat oksigen dan karbondioksida (hemoglobin) menurun. Sel darah merah memang sangat penting sebagai pengedar oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Akan tetapi jumlah dari sel darah merah itu harus seimbang dan tidak boleh lebih atau kurang. Jika sel darah merah berkurang  maka dapat mengakibatkan penyakit anemia atau kekurangan darah.

Biasanya anemia terjadi karena kekurangan mineral seperti asam folat, zat besi, dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B12 dan C. Penyebab anemia yang lain yaitu, pendarahan yang berlebih saat menstruasi oleh sebab itu perempuan akan mudah atau rentan terkena anemia apalagi jika tubuh tidak menyimpan zat besi yang cukup.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi anemia adalah mengonsumsi makanan yang dapat menambah darah yaitu bisa dari buah dan sayuran. Berikut ini merupakan buah dan sayur yang dapat menambah darah baik untuk penderita anemia antara lain:

  1. Jeruk

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk memang sudah sangat terkenal salah satunya yaitu dapat menambah sel darah merah dalam tubuh, yang sangat baik sekali bagi penderita anemia. Kandungan lain yang terdapat pada buah jeruk selain vitamin C yaitu serat, antioksidan dan asam folat.

  1. Tomat

Buah tomat memang mengandung dua vitamin sekaligus yaitu vitamin A dan vitamin C. untuk kalian yang memiliki penyakit diabetes, alangkah baiknya jika mengonsumsi buah tomat sabanyak satu sampai dua buah dalam setiap harinya.

  1. Mangga

Buah mangga menyimpan vitamin C sebanyak 60 mg atau jumlahnya hampir memenuhi kebutuhan vitamin harian orang dewasa. Buah mangga sangat cocok sekali untuk penderita anemia sebagai buafo. Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah mangga dapat memulihkan kondisi tubuh menjadi kuat serta berperan sebagai peningkat system kekebalan tubuh.

  1. Jambu biji

Jambu biji mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu dalam memperbanyak produksi sel darah merah. Bahkan jumlah vitamin C yang ada dalam buah jambu biji ini dua kali lipat lebih banyak daripada buah jeruk, akan tetapi jarang orang yang mengetahuinya. Buah jambu biji ini juga dapat mengobati penyakit disentri.

  1. Apel

Buah apel memiliki vitamin  C yang tinggi salah satunya manfaat dari vitamin C yaitu dapat mengobati penyakit anemia. Jadi, buah apel ini sangat baik bagi penderita kurang darah atau anemia.

  1. Pepaya

Selain terkenal dengan kemampuannya dalam melancarkan buang air besar, buah pepaya ini juga baik untuk penderita anemia. Sebab buah pepaya ini mempunyai dua kandungan yaitu vitamin C dan asam folat yang dibutuhkan oleh penderita anemia.

  1. Stroberi

Stroberi juga mengandug dua kandungan seperti buah papaya yaitu vitamin C dan vitamin B9 atau asm folat. Oleh karena itu, kalian jangan ragu untuk memakan buah yang kadang rasanya asam ini.

  1. Bayam

Bayam merupakan sayiuran hijau yang sangat baik  untuk penderita anemia. Ada baiknya jika perempuan yang akan memasuki fase menstruasi makan sayur bayam yang berguna untuk cadangan pembentukan sel darah merah.

  1. Sawi

Sawi merupakan sayuran yang mengandung zat hijau yang dibutuhkan oleh penderita anemia. Di dalam sayuran ini mengandung vitamin C, B dan C yang sangat efektif untuk meregenerasi hemoglobin. Sawi juga banyak mengandung mineral, seperti magnesium, kalium dan potassium yang baik untuk ibu hamil.

  1. Bunga kol

Kandungan gizi yang terdapat pada bunga kol  sangat baik untuk meregenerasi sela darah merah. Bunga kol juga banyak mengandung kandungan yang penting lainnya seperti protein, kalsium, thamine dan niasin.

Demikian artikel dari saya tentang buah dan sayur yang dapat menambah darah baik untuk penderita anemia, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply