Penjelasan Lengkap Mengenai Manajemen Aplikasi Yang Wajib Kalian Ketahui

Posted on

Di dalam sebuah system oprasi yang ada dalam computer pastinya sangat banyak aplikasi yang perlu kita gunakan untuk menjalankan serta menikmati aplikasi yang kita gunakan tersebut, maka dari itu kali ini saya akan menjelaskan manajemen aplikasi yang terdapat pada system computer.

Di artikel saya kali ini saya akan membahas mengenai manajemen dari aplikasi yang mana sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi system operasi pada computer. Yang mana system operasi itu merupakan wadah dari tiap-tiap aplikasi yang kita install di computer kita, dan system operasi juga yang mengelolah serta mengatur kinerja dari aplikasi itu, baik itu sebagai pemerosesan ke perangkat keras, serta interface pada user juga termasuk penyimpanan database dari aplikasi tersebut.

Setiap perangkat lunak atau aplikasi yang di operasikan oleh system operasi computer akan mencari lokasi file program itu lalu mengirimkan isinya ke memori yang kemudian memberikan setiap perintahnya pada file tersebut untuk bisa di jalankan (dioperasikan) oleh computer. Semua aplikasi yang kita install entah itu games atau aplikasi office semuanya akan masuk ke dalam file program files dan juga system operasi juga akan memberikan pemintas dari aplikasi itu sehingga pengguna dapat mengoperasikan program aplikasi itu dengan cepat. Aplikasi disini merupakan aplikasi yang di pakai oleh sang user untuk menyelesaikan tujuan tertentu misalnya: winamp, google crome, Microsoft word, Microsoft excel, antivirus, games, dan lainnya. Kita bisa melihat aplikasi yang kita install itu apa saja melalui masuk ke dalam menu control panel. Melalui itu kita bisa mengetahui aplikasi apa saja yang kita install pada computer kita, dan melalui itu juga kita bisa menguninstal aplikasi kita (menghapus) yang ada pada computer kita.

Fungsi manajemen pada aplikasi ini bisa meliputi:

  • Install merupakan proses yang menempatkan file-file program pada sebuah system computer termasuk juga mengkonfigurasi program itu. Di saat melakukan instalasi kita harus menjalankan system exe pada program itu.
  • Uninstall merupakan proses menghapus file-file aplikasi/program beserta konfigurasi dari system computer.
  • Upgrade/update merupakan proses untuk memperbarui file-file dari program yang telah kita install itu.

Demikianlah penjelasan manajemen aplikasi yang mungkin perlu kita ketahui di saat menjalankan aplikasi pada sebuah system computer, semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi nakamaka semuanya.

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply