7 Bahaya Berenang Ketika Haid dan Tips Tips Untuk Menghindarinya

Posted on

Berenang adalah salah satu olahraga didalam air yang sangat disukai banyak orang, termasuk wanita dan anak anak. Selain menambah tinggi badan, berenang juga bisa melatih kelincahan tubuh anda. Tapi, selain berdampak baik bagi tubuh, ternyata berenang juga memiliki dampak buruk bagi tubuh anda, apalagi bila anda seorang wanita yang sedang mengalami menstruasi. Bukan hanya berenang, walaupun anda hanya melakukan aktivitas sederhana didalam air ketika sedang menstruasi, itu sudah memberi dampak buruk bagi wanita yang sedang menstruasi.

Inilah beberapa bahaya wanita yang berenang saat menstruasi :

  1. Kram pada perut
7 Bahaya berenang ketika haid

Ini adalah bahaya ketika anda sedang berenang, banyaknya gerakan yang anda lakukan ketika berenang akan membuat otot tegang dan lebih kencang. Jadi tidak heran jika nanti anda akan merasakan kram pada bagian perut.

  1. Infeksi pada dinding rahim

Perlu anda tau, tidak semua kolam renang memiliki air yang bersih bukan? Apalagi jika itu adalah pemandian umum, pasti banyak bakteri yang tidak anda ketahui didalam air tersebut. Berhati hatilah, sebab dikhawatirkan leher rahim yang terbuka dapat mempermudah bakteri yang dikandung oleh air masuk kedalam rahim dan menyebabkan infeksi pada dinding rahim.

  1. Perut melilit

Ketika anda sedang berenang, gerakan gerakan ketika berenang sangat rentan membuat anda merasakan kejang kejang dan otot menegang. Keadaan tersebut dapat membahayakan peredarah anda, peredaran darah disekitar rahim akan menjadi tegang dan membuat pembuluh darah anda melebar yang dapat menyebabkan kram pada perut dan perut melilit, kondisi tersebut juga membuat anda mudah untuk tenggelam.

  1. Tubuh pegal pegal

Perubahan hormon didalam tubuh wanita yang sedang haid dapat membuat peredaran darah pada rahim anda tidak stabil, kondisi tersebut membuat anda merasakan pegal pegal sekujur tubuh akibat berenang dalam waktu yang terlalu lama.

  1. Air kolam yang tercemar

Sebaiknya bila anda memutuskan untuk tetap berenang ketika menstruasi gunakanlah pembalut berbahan lembut yang dapat menahan cairan darah menstruasi dalam jumlah lebih banyak daripada biasanya, biasanya ketika anda berenang suhu dan tekanan oleh air dapat menyumbat rahim anda untuk tidak mengeluarkan darah dan membiarkan cairan darah menstruasi tetap pada tempatnya. Tapi, jika anda memakai pembalut biasa bisa saja darah anda merembas keluar dan mencemari kolam renang.

  1. Aliran darah yang tidak lancar

Ketika anda berenang aliran darah anda disekitar rahim akan tersendat sendat, hal ini disebabkan suhu air didalam kolam renang yang lebih rendah daripada suhu manusia yang sedang berenang.

  1. Pertumbuhan bakteri

Jika anda terlalu lama berada didalam kolam renang yang airnya mengandung zat kaporit, maka zat tersebut akan berinteraksi dengan pembalut anda dan dapat menyebabkan bakteri akan tumbuh lebih cepat daripada biasanya. Apalagi anda dalam keadaan memakai pembalut, bakteri bisa tumbuh dan mengendap didalam pembalut anda.

Bila anda masih bersikeras untuk tetap berenang walaupun anda dalam keadaan menstruasi, sebaiknya anda melakukan beberapa saran ini :

  • Pilihlah pembalut yang berkualitas

Pemilihan pembalut yang benar, berkualitas dan memiliki daya serap yang ampuh dapat membuat anda nyaman ketika berenang.

  • Pakaian renang

Pilihlah pakaian sesuai bentuk tubuh anda, khususnya pada bagian pantat agar anda bisa nyaman dan pembalut anda tidak bergeser kemana mana. Dengan seperti ini anda bisa bergerak dengan bebas didalam air.

  • Membilas tubuh setelah berenang

Sebaiknya setelah anda selesai berenang, cepatlah mandi dan menggunakan air yang sudah diberi antiseptik, agar tubuh anda yang sudah berinteraksi dengan zat kaporit ketika berenang dapat bersih dari bakteri. Jangan lupa untuk menggunakan sabun antiseptik walaupun anda sudah menetesi antiseptik pada air anda.

  • Gunakan kolam renang yang memiliki air bersih

Pilihlah kolam renang yang memiliki air bersih atau yang kolam renang yang sudah dikuras, agar bakteri yang ada didalam kolam renang tidak terlalu banyak.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply