meningkatkan daya ingat anak
meningkatkan daya ingat anak

Ingan Memiliki Anak Cerdas? Lakukan Cara- Cara Berikut!

Posted on

Daya ingat adalah kemampuan seseorang untuk menyimpan, mengingat, mengolah dan membangkitkan lagi informasi yang telah di serap oleh otak. Daya ingat anak akan meningkat seiring dengan tumbuh kembangnya. Meningkatkan daya ingat sang anak sangatlah penting, terutama di usia muda, sebab kegiatan di masa mudalah yang akan menentukan kehidupan kita kedepannya.

Daya ingat setiap orang pastinya berbeda- beda, ada yang cepat dalam menangkap, mengingat dan juga memahami sesuatu yang ia dengar maupun yang ia lihat. Ada juga orang yang lambat dalam berfikir, mengingat, dan memahami. Salah satu faktor yang menyebabkan otak menjadi sulit untuk mengingat dan yang menyebabkan seseorang memiliki daya ingat yang lemah adalah jarang di latih.  Daya ingat seorang anak bisa meningkat dengan pesat, apabila orang tuanya mengasahnya dengan tepat dan juga benar. Berikut adalah beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk meningkatkan daya ingat anak.

cara meningkatkan daya ingat sang anak
cara meningkatkan daya ingat sang anak

Meningkatkan daya ingat anak melalui makanan :

Daya ingat sang anak dapat di tingkatkan dan di kembangkan dengan memberi nutrisi pada otak si anak dengan mengkonsumsi makanan- makanan berikut :

  1. Makanan yang memiliki kandungan omega 3, buah alpukat, ikan tuna, kacang- kacangan, dan rajin mengkonsumsi minyak ikan.
  1. Makanan yang mengandung folat seperti strawberi, jeruk, kajang hijau, brokoli, kubis, dan bayam.

3. Makanan yang mengandung vitamin B dan vitamin B12 seperti keju, susu, gandum, dan juga sayuran hijau.

  1. Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu kacang yang banyak di olah menjadi suplemen. Hal ini di karenakan kacang almond ini memilikiantioksidan yang tinggi dan memiliki asam lemak ensensial omega-3 yang dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Selain itu, kacang almon ini juga baik untuk menjaga kesehatan mata anda.

  1. Rosemary

Rosemary merupakan salah satu rempah yang memiliki aroma wangi yang bisa di jadikan bumbu dalam masakan. Aroma wangi ini lah yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Pendapat ini telah di perkuat dengan adanya penelitian di salah satu universitas di Inggris, yang menyatakan bahwa roma dari rosemary ini dapat meningkatkan memori, yang berfungsi untuk fungsi kita sehari- hari.

  1. Jinten hitam

Jinten hitam merupakan tanaman yang tergolong dalam rempah rempah, juga bisa tergolong dalam tanaman obat- obatan. Di dalam jinten hitam ini memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat membantu untuk mengasah otak.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa ini dapat meningkatkan kualitas otak dan juga fungsi otak. Anda bisa mengkonsumsinya satu sendok teh minyak kelapa murni setiap harinya secara teratur.

  1. Rutin untuk melakukan olah raga

Olah raga memiliki hubungan yang sangat erat dengan kesehatan otak kita. Dengan menggerakkan anggota tubuh secara rutin, maka penyakit- penyakit yang ada hubungannya dengan otak akan menjauh. Dengan melakukan olah raga secara teratur dan rutin, hal ini dapat mencegah tertimbunnya pembuluh darah dan juga arteri yang dapat memicu resiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, dengan kita rajin untuk berolah raga membantu nutrisi dan juga oksigen untuk mudah di alirkan pleh darah menuju otak. Tanpa adanya olah raga, maka akan terjadi disfungsi otak.

Tips lain yang juga akan membantu anda menambah daya ingat.

  • Cobalah untuk bermain game yang dapat membuat otak anda berkonsentrasi.
  • Dengan meditasi . hal ini sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan otak kita, karena tujuan utama dari meditasi adalah untuk melatih kefokusan otak pada suasanan di sekitar
  • Memperbanyak makanan yang bergizi, dan makanan yang menjadi sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan daya ingat
  • Hindari stress.
  • Hindari perut kosong. Sebelum melakukan aktivitas atau sebelum menggunakan otak untuk bekerja, usahakan untuk selalu mengisi perut anda dengan makan makanana yang menyehatkan. Hindari perut kosong yang hal ini akan membuat anda sulit untuk mengingat.

Di imbangi dengan istirahat yang cukup, kondisi tubuh yang sehat, semua kebutuhan tubuh terpenuhi dan minum air yang cukup. Semua hal itu akan membantu pembentukan pada sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke sel otak. Karena oksigen adalah peran yang paling penting yang dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Dan oksigen yang cukup dalam tubuh juga akan melancarkan sirkulasi darah sehingga otakpun akan bekerja dengan baik.

Cara meningkatkan daya ingat ini, pada dasarnya tidak terlepas dari kegiatan yang melatih otak dan member waktu untuk istirahat.  Jika oatk telah di latih dan telah di beri waktu untuk istirahat maka otak secara perlahan akan memiliki kualitas yang tinggi.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply