Sabar Itu Tiada Batasnya

Posted on

Apakah Anda bersikap sabar?Pentingkah anda harus memiliki sifat sabar dalam menghadapi cobaan?Tentu anda butuh dengan sikap ini.Penjelasannya :

sabar itu manis

Sabar itu.. Suatu tindakan atau sikap yang menahan emosi/amarah dan keinginan, serta menahan dalam keadaan sulit dengan tidak mengeluh.Sabar merupakan suatu kemampun mengendalikan diri juga dipandang mempunyai nilai yang tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang tersebut.

 

Semakin tinggi kesabaran yang anda miliki, maka semakin kokoh juga anda dalam menghadapi sebuah masalah yang sedang terjadi.Banyak yang bilang sabar itu.. sesuatu yang pahit dirasakan, tetapi hasilnya akan lebih manis dari pada madu.

Pandangan Islam dalam Sabar.

Salah satu dalil tentang sabar menurut al-quran dan hadist.Allah berfirman “Bersabarlah kalian,Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar.Dalil ini menunjukan bahwa sabar itu wajib untuk kita.Dalam hal itu, seseorang yang menahan diri dari segala cobaan yang menimpa kita.Dan itu dianggap berat olehnya, tapi anda menahan diri dengan jalan sabar, maka anda menjauhkan diri dari amarah terhadap segala yang menimpa anda dalam kehidupan demi menjaga keimanan anda.

Sabar dalam cobaan, jadikanlah cobaan itu pelajaran, anda jangan mengeluh sebab kesusanan, disitu anda diajarkan untuk menjadi orang yang sabar.Kehidupan akan lebih berkah dan bermakna jika anda menjalaninya dengan ikhlas, sabar, penuh syukur dan tidak mau merugikan orang lain.

sabar itu indah

Ketika Masalah datang, allah tidak meminta anda untuk memikirkan jalan keluar hingga penat, allah hanya ingin anda bersabar dan anda mengerjakan sholat/beribadah.”Allah tidak membebani seseorang dengan berat kecuali dengan kemampuannya atau kemampuan hambanya”.

Semoga tuhan mengaruniai anda kesabaran yang tidak ada batasnya dan ikhlas yang tidak ada tepinya.Apapun rintangan dan cobaan akan lebih ringan.

Macam-Macam Bersabar :

  • Bersabar dalam menjalani keto’atan kepada Allah.
  • Bersabar untuk tidak melakukan hal-hal yang diharamkan oleh Allah.
  • Bersabar dalam menghadapi takdir-takdir/qodar dari allah yang di alaminya, berupa berbagai hal yang menyakitkan dan gangguan yang timbul dari kekuasaannya Manusia ataupun yang berasal dari orang lain.

Sabar dalam Menerima Takdir.

Bersabar menghadapi berbagai musibah yang menimpa diri, baik yang terkait dengan nyawa, anak, harta dan lainya yang merupakan takdir yang berjalan menurut ketentuan Allah di alam semesta.(Thariqul wushul,hal. 15-17).

Ada tiga tanda dalam kesabaran yaitu :kita tidak menyebut mengenai kesusahan kita, tidak menyebut mengenai kesulitan kita, dan tidak memuji diri kita sendiri.

“Sabar itu sakit, sabar itu sulit, sabar itu melelahkan, tetapi sabar itu indah.”

Incoming search terms:

  • sikap ada batasnya ucapan ada batasnya begitupun kesabaran
  • ustad sabar tiada batasnya
Gravatar Image

Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua.

ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply