Jangan Tertipu Dahulu, Siapa Sangka 5 Bunga yang Indah Ini Adalah Bunga Paling Beracun Di Dunia.

Posted on

Di saat pertama kali melihat bunga, apa yang akan pertama kali tersirat di benakmu? Mungkin saja yang pertama kali terpikirkan adalah sebuah tanaman yang sangat cantik, indah, mempesona, dan sanat elok untuk dipandang oleh mata. Memang sih bunga ini memiliki beraneka bentuk yang beragam dan berbagai warna yang terlihat mempesona. Dan akan membuat kita apalagi kaum hawa sangat tertarik untuk menyentuh serta memetiknya.

Tapi, sebaiknya kamu harus lebih berhati-hati sebelum menyentuh dan memtik bunga ini. Pastikan terlebih dahuhu apakah bunga tersebut beracu ataukah tidak. Jangan tertipu dahulu akan kecantikan dan keindahannya, siapa sangka dibalik kecantikannya bunga yang awalnya kamu kira begitu mempesona ini ternyata juga berbahaya buatmu. Nah, berikut ini adalah 5 diantaranya dan dianggap sebagai bunga yang paling beracun di dunia:

  1. Lily Of The Valley.
Lily Ogf The Valley
Lily Ogf The Valley

Lily Of The Velley atau yang dalam bahasa ilmiah biasa disebut dengan Convallaria Majalis ialah bunga yang dapat ditemuai di beberapa wilayah seperi Asia dan Eropa. Bunga ini memiliki bentuk yang begitu mungil yang hampir menyerupai bentuk lonceng yang terbalik dan berwarna putih. Para masyarakat Eropa pada umumnya menganggap bunga ini sebagai lambing dari cinta suci, sebuah ketulusan dan kesetiaan. Bahkan saking cantiknya bunga ini seorang Kate Middleton-pun memakainya sebagai bunga pengantin di acara pernikahannya.

Namun, jangan tertipu dahulu siapa sangka dibalik image baik dan kecantikannya tersebut ternyata bunga ini termasuk dari bunga yang paling beracun di dunia. Karena bunga ini mengandung racun glikosida yang terdapat hampir di seluruh permukaan bunga ini, bahkan sampai dengan buahnya. Yang mana racun ini menyebabkan kerusakan pada sistem peredaran darah. Bisa merusak pencernaan, dan gangguan lainnya. Dalam skala dosis yang kecil bunga ini dapat menyebabkan diare, mual, muntah, dan sakit perut. Sementara jika dalam dosis yang besar tidak menutup kemungkinan kalau bunga ini bisa saja menyebabkan kematian.

2. Ranunculus.

Ranunculus
Ranunculus

Yang kedua adalah Ranunculus atau yang biasa dikenal dengan nama buttercup dan spearworts. Kalau dilihat cuma sekilas, nampaknya bentuk dari bunga ini mirip dengan mawar. Selain dari bentuknya yang menarik, bunga ini ternyata juga memiliki berbagai pilihan warna seperti merah, orange, kuning hingga putih. Karena kecantikannya ini Ranunculus sering kali dgunakan sebagi bunga hias. Tatapi dengan syarat harus melalui pengawasan yang ketat terlebih dahulu. Penyebabnya adalah karena bunga ini termasuk dari bunga yang beracun serta amat mematikan bagi hewan dan manusia.

Jika ada hewan ataupun manusia yang nekat untuk memakan bunga ini maka bersiaplah akan gejala kerusakan sistem pencernaan dikarenakan bunga ini. yaitu sebut saja bisa menyebabkan diare yang disertai dengan darah, keluarnya air liur yang berlebih, rasa sakit perut yang parah, dan rusaknya selaput lender yang terdapat pada sistem pencernaan. Bahkan dalam bebrapa kasus terakhir kematian adalah efek yang paling buruk dari bunga yang terlihat cantik ini.

3. Milkweeds.

Miklweeds
Miklweeds

Warnanya yang ungu dari bunga yang nampaknya seperti bergerombol ini menjadikanya terkesan sangat imut. Bunga yang sering disebut dengan Asclepias ini ternyata juga mempunyai racun yang sangat mematikan. Yaitu mengandung dua buah senyawa yang disebut dengan alkaloid dan cardeneloid. Meskipun kedua senyawa ini sering kali dijadikan sebahai bahan obat, namun dengan penggunaan yang salah dua senyawa ini justru akan menjadi sebuah racun yang mematikan. Jika saja racun yang adal adalam bunga ini tertelan maka bisa menyebabkan terjadinya dermatitis ringan hingga efek terbersarnya adalah berujung dengan kematian.

  1. Nerium Oleander.
Nerium Oleander
Nerium Oleander

Bagi kepercayaan sebagian masyarakat Jepang bunag berwarna merah canti ini mempunyai sebuah arti khusus. Karena bunga yang umumnya akan bersemi di bulan Mei ini adalah jenis bunga yang pertama kali mekar di kota Hiroshima setelah kejadian ledakan bom atom pada tahun 1945. Yang kemudian akhirnya bunga ini dijadikan bunga yang resmi malambangkan kota tersebut. Namun Nerium Oleander ini ternyata juga memiliki racun yang mematikan juga lho. Racun yang terdapat dalam bunga ini termasuk dalam katagori oleandrin dan nerrine. Jika ada seseorang yang tertelan racun ini maka dapat menyebabkan glikosida pada jantung, dermatitis hingga bisa berdampak pada kematian.

5. Opium.

Opium

Yang terakhir ini adalah bunga yang bernama Opium yang sejak dahulu dekenal sebagai pahlawan karena mempunyai peran penting dalam masalah pengobatan. Atau yang dalam dunia pengobatan sering disebut dengan julukan bunga poppy ini merupakan jenis bunga yang hampir ada di seluruh penjuru dunia karena sifatnya dasarnya yang mudah untuk tumbuh. Namun bunga ini ternyata juga mengandung racun alkaloid lho. Selain alkaloid, bunga ini juga mengandung morfin yang dapat menimbulkan halusinasi seperti saat mengonsumsi narkoba. Walaupun bunga yang satu ini terkenal sebagai bahan obat tetapi jika penggunaannya digunakan secara terus-menerus maka akan menyebabkan ketergantungan. Yang bahkan dalam dosis yang besar bunga ini dapat menyebabkan keracunan. Dimana gejalanya adalah adanya masalah pernapasan yang akut, paru-paru rusak, koma, jantung berhenti dan akhirnya dapat menyebabkan kematian. Bahkan dikabarkan henya dengan mencium uapnya saja bisa menyebabkan seseorang berhalusinasi tingkat tinggi sehingga dapat meninggal. Hiiiii, cukup seram bukan?

Itulah bebrapa bunga yang termasuk dalam kategori bunga yang paling beracun di dunia. Jadi waspadalah jika melihat salah satu dari 5 jenis bunga yang diatas ini ya… itulah beberapa penjelasan yang dapat saya berikan, semoga bisa bemanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply