Cara Minta Maaf Yang Baik Agar Cepat Dimaafkan

Cara Minta Maaf Yang Baik Agar Cepat Dimaafkan

Posted on

Terkadang, kamu pernah merasa sangat menyesal karena melakukan hal yang tidak baik terhadap orang lain. Namun, kamu sendiri juga sulit untuk mengungkapkan penyesalan itu. Kata maaf adalah kata yang paling sulit untuk diungkapkan. Ternyata orang cendrung sulit mengungkapkan maaf. Apakah itu benar? Salah satu kata yang sangat powerful di dunia selain kata tolong, dan terima kasih ini sangat mahal untuk diberikan. Sulit atau tidak mengungkapkannya itu tergantung dengan orang itu sendiri. Apakah dia memiliki keberanian untuk mengakui kesalahannya dan meminta maaf lebih dulu atau tidak. Kerakter orang dan kondisi lingkungan sekitar juga berpengaruh. Ada karakter orang yang mampu meminta maaf sendiri, ada juga yang dengan menlakukan sesuatu.

Faktor yang paling utama dan sangat berpengaruh terhadap penyebab orang menjadi sulit meminta maaf adalah dirinya sendiri. Mungkin karena rasa takut untuk minta maaf atau memang tidak ingin disalahkan. Lantas bagaimana cara minta maaf yang baik?

  1. Mengakui Kesalahan

Pikirkan apa yang sudah kamu lakukan hingga membuat orang lain menjadi marah. Ada beberapa hal yang pasti bisa membuat orang lain marah. Baik itu kesalahan kamu yang tidak sengaja maupun sengaja. Memang mungkin kamu menganggap hal itu biasa, namun, penilaian orang lain belum tentu sama seperti kamu. Menurut dia hal seperti itu sangat menyakitkan. Dan sampai kapan kamu tidak menyadari kemarahannya karena kesalahanmu. Krena itu, sangat enting bagi kamu untuk mencari tahu kesalahan tersebut. Jangan hanya bernani minta maaf tapi tidak tahu kesalahannya apa itu percuma.

Setelah tahu kesalahan kamu apa jangan sampai kamu mencoba untuk melupakannya. Bukan berarrti setelah minta maaf semua masalah selesai, tetap saja kamu tidak boleh melupakan kesalahan itu karena untuk pelajaran agar tidak mengulang kesalahan yang sama lagi.

  1. Bersungguh-sungguh

Minta maaf itu yang sungguh-sungguh, jangan samakan seperti minta diperhatikan yang kalau tidak dapat cari yang lain. Tidak semudah itu mencari teman yang baru. Meskipun kamu melakukan kesalahan bukan berarti kamu itu orng jahat bagi dia. Asal kamu tahu kesan pertama dia saat kamu melakukan kesalahan adalah karena ceroboh dan kesalahn itu bisa dilakukan oleh siapapun termasuh dirinya. Namun, dia juga berharap kamu minta maaf dan mengakui kesalahan. Dengan begitu dia juga akan menganggap itu sebagai kekhilafan kamu dan kamu mau nerubah sikap jadi lebih baik terhadapnya.

Bagian ini memang yang paling sulit, setelah kamu minta maaf dan meminta dia memaafkan. Baik jika dia mau memaafkanmu, tapi kalau dia masih sakit hati dan belum rela memberikan maaf bagaimana? Kamu yang akan menanggung dosanya, tapi dia punya hak dengan pilihannya. Kamu juga harus menghargai pilihannya jika belum dimaafkan. Jangan sampai juga kamu ikut sakit hati dan malah memusuhinya. Kalau begitu terus kapan baikannya?

  1. Bersabar Memperbaiki Kesalahan

Saat kamu menghadapi kekecewaan bersabarlah dan berdo’a. barangkali dia berubah pikiran dan memaafkanmu. Kamu juga harus bisa menaklukan suasana menjadi nyaman. Misalnya dengan membawakan makanan kesukaannya. Namun itu bukanlah andalan untuk minta maaf. Karena yang dia inginkan hanya ketulusan dari kamu saat minta maaf. Kamu jga harus bisa menunjukkan bahwa kamu telah berubah untuk dia. Tunjukkan penyesalanmu dan kamu perlu untuk introspeksi diri lagi.

Setelah menyesal pastiada keinginan utnuk memperbaiki diri dan keadaan. Kamu harus bisa memberi kepastian dengan janji yang telah kamu buat untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Kemudian tunjukkan rasa empati yang tulus. Kamu tahu perasaannya dan merasakan posisinya saat itu.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply