perkembangan musik
Perkembangan Musik Di Indonesia

Musik Nusantara Yang Mulai Berkembang

Posted on

Musik yang disebut musik nusantara ini adalah musik Indonesia yang diciptakan oleh anak bangsa yang menonjolkan ciri asli indonesia. Entah itu dalam segi bahasanya ataupun gaya melodinya. Musik nusantara ini pun juga berbeda-beda ada musik tradisi daerah, musik keroncong, musik dangdut, musik gambus, musik langgam, musik perjuangan dan yang terakhir adalah musik pop. Dan musik nusantara pun juga melalui tahapan-tahapan dalam perkembangannya, seperti berikut:

musik
Perkembangan Musik

1. Perkembangan Musik

Masa Kolonialisme

Pengaruh besar dalam perkembangan musik di Indonesia ini terjadi karena masuknya bangsa barat ke Indonesia. Dan bangsa barat yang datang itu pun datang juga memperkenalkan macam-macam alat musik seperti biola, cello (selo), seruling (flute), gitar, dan juga ukulele. Mereka datang juga dengan membawakan beberapa karya lagu mereka. Dan pada masa itu Indonesia mengalami perkembangan musik modern. Pada masa itu jugalah musisi-musisi Indonesia membuat karya musik berupa sajian musik yang berpaduan antara musik barat dengan musik Indonesia. Dan karya ini kemudian disebut sebagai musik keroncong.

masa kolonial
Masa Kolonialisme

Masa Kini

Karena banyaknya media elektroik yang masuk ke Indonesia, dan dengan begitu masuk jugalah musik barat ke Indonesia seperti Pop, Blues, Jazz, Rock, dan juga R&B dan musik-musik India yang juga banyak diperkenalkan melalui film-film India. Karena perkembangan ini jugalah di Indonesia terjadi  perpaduan musik asing dengan musik Indonesia. Jenis musik dangdut ini dihasilkan dari paduan antara musik India dengan musik Melayu. Dengan begitu semakin muncullah berbagai musisi yang beraliran Pop, Jazz, Rock, Blues, dan R&B. Dan juga berkembanglah jenis musik yang juga memadukan unsur kedaerahan Indonesia dengan unsur musik barat, dan yang paling utamanya adalah alat musiknya. Musik seperti ini biasa disebut musik etnis.

masa kini
Musik Masa Kini

2. Ragam Musik Indonesia

Di Indonesia ini memiliki ragam musik yang banyak dan berbeda-beda, seperti dibawah ini:

  • Musik Tradisional/Daerah

Isi lagu dan instrumen dari musik ini yang mnjadi ciri khas jenis musik ini. Musik tradisonal memang memiliki karakteristik yang khas, yakni terlihat dari syair dan melodinya menggunakan bahasa dan juga gaya daerah setempat.

  • Musik Keroncong

Ciri khas dari musik ini yakni ada pada harmoni musik dan improvasi yang sangat terbatas. Lagu-lagu ini umumnya memiliki susunan dan bentuk yang sama. Musik yang diselingi dengan permainan alat musik ini syairnya terdiri atas beberapa kalimatnya.

  • Musik Dangdut

Pukulan alat musik tabla (seperti alat musik perkusi) dan iramanya yang ringan ini menjadi ciri khas dari musik dangdut. Sehingga hal ini mendorong si penyanyi dan yang mendengarkan untuk menggerak-gerakkan anggota badannya.

  • Musik Perjuangan

Ciri khas yang dimiliki dari jenis musik ini yaitu dari syair-syairnya yang umumnya berisi ajakan untuk terus berjuang. Sebuah ajakan untuk selalu berkorban demi negri tercinta, dan sejenisnya. Biasanya irama musiknya yang cepat dan juga semangat dan juga diakhiri dengan semarak.

  • Musik Pop

Ciri khas yang terdapat pada musik pop ini lebih mengutamakan pada permainan drum dan gitar bassnya dan serta penggunaan ritme yang terasa bebas. Terkadang sang musisi juga menambahkan daya tarik yang berbeda-beda dengan adanya variasi gaya yang bermacam-macam supaya yang mendengarkan musiknya lebih terhayati dan menikmati alunan musiknya. Biasanya pun dalam musik pop juga ditambah ritme yang lebih nge-beat lagi. Juga terkadang ada tambahan dancenya dalam aksi panggung. Akan tetapi musik pop ini juga dibedakan menjadi dua yaitu musik pop anak-anak dan juga musik pop dewasa.

Musik yang selama ini terus berkembang adalah wujud dari ekspresi diri dan dikaryakan dalam sebuah alunan musik yang bisa menjadikan hiburan bagi orang lain.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply