Menguak Kisah Kekaisaran Ottonam, Masa Dimana Islam Dapat Menguasai Dua benua.

Posted on

Kerajaan Ottoman atau yang biasa disebut dengan Turki Utsmaniyah ialah sebuah kerajaan yang terlahir sejak tahun 1453 setelah kepimimpinan Raja Mehmed II yang berhasil menaklukan konstantinopel. Pada masa kejayaan ini pasukan kerajaan Janissary-lah yang menduduki sebagai pasukan yang paling ditakuti oleh seluruh dunia. Yang mana pasukan Janissary ini terkenal karena telah berhasil untuk menaklukan konstantinopel di saat pada masa tersebut.

Raja Sulaiman Al-Qanuni.

Gambar Raja sulaiman Al-Qanuni
Gambar Raja Sulaiman Al-Qanuni

Kemudian kerajaan Ottonam inipun mencapai puncak kejayaannya di masa pemerintahan kekaisaran raja Sulaiman Al-Qanuni Bin Salim atau yang terkenal dengan sebutannya yaitu Suleiman The Magnificent yang berarti Raja Suleiman yang Agung. Pada masa pemerintahan kekaisaran raja Sulaiman ini kerajaan Ottoman berhasil menjadikan kedudukan Turki sebagai negara yang Sangat Kuat serta yang paling berkuasa.

Hal ini dapat dibuktikan dari luasnya wilayah kekuasaan Turki pada saat itu. Bahkan kekuasaan Turki pada saat itu bisa melebar sampai Negeri tetangganya sendiri yaitu Mesir, Iraq, Palestina, dan Syiria. Maka dari itulah tak heran bila ia telah menjadi penguasa yang paling berpengaruh di dunia pada saat itu. Dan semua kata-kata yang keluar darinya pun akan didengar oleh seluruh penjuru negeri serta kerajaan-kerajaan yang lain.

Sejarah Kekaisaran Ottonam yang Memegang Teguh Syariat Islam.

Gambar Masjid Sulaiman Al-Qanuni
Gambar Masjid Sulaiman Al-Qanuni

Masa kekaisaran Ottonam inipun ternyata juga memegang teguh syariat islam di dalamnya. Sebagai buktinya adalah semua hal yang mengenai menajemen dan yang ada dalam perundang-undangan yang terlihat begitu modern tetapi semua itu tak ada sedikipun yang keluar dari syariat islam yang ada.

Memang syariat islam ini sangatlah dipegang teguh oleh keluarga Utsmani ini pada setiap wilayah kekuasaan mereka. Pada masa ini jugalah berbagai ilmu pengetahuan seperti sastra, arsitektur, dan pembangunanpun mengalami perkembangan yang begitu pesat sampai dibangunlah masjid Sulaeman Al-Qanuni yang indah ini.

Kisah Awal pertumbuhan dan Pemerintahan Turki.

KOnstantinopel Turki
Konstantinopel Turki

Sultan Sualiman ini dilahirkan pada tahun 900 H di kota yang bernama Trabzone yang bertepatan pada tahun 1495 Masehi. Ayahnya ialah Sultan Salim I dan ibunya bernama Hafshah dan disaat itu ayahnya sebagai tamir dari daerah Trabzone. Sejak saat itu Sultan Salim I mulai menaruh perhatian khusus kepada sultan Sulaiman dan menngajarinya berbagai ilmu dan sastra. Bukan Cuma itu saja beliau juga mengajarkan sultan sulaiman ini tentang ilmu beragama untuk dapat mencintai ahli fiqih, sastrawan, dan para ulama. Semenjak dari situlah Sulaiman dikenal sebagai orang yang tekun dan benar-benar memiliki kesungguhan akan hal apapun.

Ketika ayah dari Sulaiman yang bernama Sultan Salim I ini meninggal, kemudian yang menggantikan sebagai Raja yang baru adalah anaknya yaitu Sultan Sulaiman Al-Qanuni. Dan pada saat itu juga ia langsung turun dan untuk memerintah negara dan di saat pelantikannya pun ia membuka Khotbahnya dengan menyebutkan surat yang ada dalam Al-Quran. Semenjak saat pelantikan itu raja Sulaiman mulai dikena sebagai kepala negara yang sangat bertanggung jawab akan negaranya. Maka ia-pun mulai memperluas pengaruh dan wilayah dari Turki dan segera menertipkan wilayah yang ingin keluar dari otoritas Turki.

Bebrapa prestasi yang kemudian bisa diraih oleh raja Sulaiman yaitu berhasil untuk menghentikan pemberontakan yang dilakukan oleh Janbirdi al-Ghazali di Syam, pemberotakan yang dilakukan oleh Ahmad Basya yang terjadi di Mesir, serta sebuah pemberontakan yang dilakukan oleh serang syiah yang bernama Qulandar Jalabi yang dilakukannya di dua daerah yaitu di konya dan Kahramanmaras.

Keberhasilan kekaisaran Ottonam Dalam mengusir Penjajah Eropa Dari Timur Tengah.

Saat Peperangan Mengusir Penjajah Eropa Dari Timur Tengah
Saat Peperangan Mengusir Penjajah Eropa Dari Timur Tengah

Tak cukup sampai di situ saja pada pemerintahan kekaisaran Ottonam oleh raja Sulaiman ini kemudian banyak terjadi peperangan yang bertujuan untuk meluaskan wilayah yang dimiliki oleh kerajaan Utsmani ini. Yang pada akhirnya hasil dari semua peprangan itu tadi berhasil dimenangkan dan dapat meluaskan wilayah kerajaan sampai dengan Eropa, Afrika, dan Asia.

Selanjutnya pada tahun 1521 kekhalifahan Utsmani ini berhasil untuk menguasai Belgrade yang biasa dikenal dengan Ibukota dari Serbia. Di tahun berikutnyapun yaitu tahun 1529 pasukan Utsmani ini berusaha untuk mengepung kota Vienna (Ibukota dari Austria) meskipun akhirnya pengepungan ini gagal. Dan akhirnya pada masa setelah tahun 1555 Masehi sebagian besar Tunisia, Jibouti, Eritria, dan Shomalia yang ada di Benua Afrika akhrirnya bisa menjadi bagian dari wilayah Turki Utsmani.

Itulah tadi bebrapa uraian yang menguak kisah dari kekaisaran Ottonam ini. dimana pada masa inilah islam dapat menguasai dua benua sekaligus. Cukup sekian, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuanmu mengenai kekaisaran ottoman ini.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply