meniup makanan
Bahaya Meniup Makanan

Suka Meniup Makanan dan Minuman Panas? Ternyata Ada Bahayanya Loh!

Posted on

Sangat jarang sekali seseorang tidak meniup makanan ataupun minumannya ketika panas. Yang memiliki maksud agar segera memakan atau meminum makanan dan minuman tersebut. Namun, kebanyakan orang tidak mengerti apa bahaya dari meniup makanan dan minuman panas. Dikarenakan hal ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan akan tetapi masih jarang yang mengetahui hal ini. Mengapa hal ini bisa menjadi hal yang membahayakan? Karena jika kita meniup makanan maka kuman atau racun yang ada pada mulut kita akan dengan mudah menempel pada makanan yang akan kita makan sehingga kuman itu akan bercampur dalam makanan kita dan masuk ke dalam perut. Bahkan bukan hanya untuk kesehatan saja yang melarang, bagi umat yang beragama islam pun tentunya juga mengetahui larangan untuk meniup makanan yang menurut riwayat dari Nabi Muhammad SAW. Dan ahli kesehatan pun juga menuturkan beberapa bahaya bila kita meniup makanan ataupun minuman yang panas.

meniup minuman
Bahaya Meniup Minuman

1. Mikroorganisme

Ketika kita sedang bernafas maka itu artinya mikroorganisme yang ada di dalam mulut akan terbawa keluar bersama virus dan juga bakteri, dan hal inilah yang akan mudah menular ke orang lain. Oleh karena itulah janganlah meniup makanan atau minuman, jika perlu tunggulah hingga makanan atau minuman itu sampai dingin paling tidak panasnya berkuranglah, karena jika terlalu panas pun juga bisa merusak lidah kita.

2. Asam Karbonat

Asam karbonat ini berfungsi untuk mengatur kadar keasaman darah yang sebenarnya ini adalah zat kimia yang sudah ada di dalam tubuh kita. Akan tetapi, antara asam darah dan asam karbonat ini harus seimbang. Jika saja salah satu diantaranya lebih tinggi maka akan terjadi asidosis. Dan ini hal yang membahayakan jantung kita, gangguan seperti ini sering ditandai dengan adanya nafas yang lebih cepat, lelah, capek, dan juga pusing. Mengapa hal seperti itu terjadi? Itu karena dalam tubuh kita ini sedang menyeimbangkan kadar ph darah. Ketika kita meniup makanan atau minuman itu artinya kita sednag mengeluarkan senyawa kimia CO2 atau yang biasa kita sebut dengan karbondioksida. Karena sebenarnya karbondioksida ini tidak boleh bersentuhan dengan air yang mempunyai susunan kimia H2O tersebut akan membentuk senyawa asam karbonat yang sangat bahaya bagi tubuh. Meski banyak yang berkata kalau asam karbonat yang berasal dari tiupan kita ini perngaruhnya tidak begitu besar untuk kesehatan tubuh kita. Namun, jika saja meniupnya sudah sangat sering sekali maka asam karbonat akan menumpuk di dalam tubuh dan semakin membahayakan kesehatan. Maka dari itulah, lebih baik menghindarinya sekarang dari pada nanti malah harus berobat ke dokter.

meniup makanan
Bahaya Meniup Makanan

3. Kotoran

Kotoran bukanlah kotoran yang berada di tanah, lantai atau sebagainya malainkan kotoran ini berasal dari salah satu anggota tubuh kita yaitu, mulut. Di dalam mulut kita akan memulai awalan pencernaan makanan karena mulutlah yang akan mengunyah dan juga menghaluskan makanan kita. Makanan yang sudah hancur dan sudah ditelan itu tidak semuanya akan masuk ke dalam lambung, pastinya akan ada sisa makanan yang masih tertinggal di dalam mulut dan inilah yang menyebabkan bakteri muncul. Dan bakteri itu akan terbawa melalui nafas jika kita menghembuskannya.

4. Bakteri H. Pylori

Bakteri H. Pylori merupakan bakteri yang akan sangat membahayakan lambung kita, yang akan menyerang lambung kita secara berkala hingga akhirnya akan membesar dan menjadi tukak lambung. Dan bakteri juga akan mudah menyebar melalui pernafasan kita. Jika saja ada penderita yang meniupkan makanan dan minuman lalu diberikan kepada orang lain maka hal ini akan menular dengan sangat cepat. Karena itulah ada larangan meniup makanan karena efeknya pun juga tidak langsung. Jadi, mulai sekarang jangan lagi meniup makanan dan minuman panas ya!

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply