Gejala dari Penyakit Hepatitis

Posted on

Apa itu penyakit hepatitis? Mungkin untuk kamu yang belum mengetahui penyakit ini, merasa aneh saat di dengar. Hepatitis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh lantaran peradangan pada organ hati manusia yang di karenakan toxin, seperti kimia, obat ataupun bisa juga berasal dari agen penyebab infeksi.

Penyakit hepatitis ini biasanya berlangsung selama kurang lebih 6 bulan. Dan itu sudah termasuk kategori “hepatitis akut”. Namun jika hepatitis yang sudah mencapai hingga lebih dari 6 bulan itu sudah termasuk “hepatitis kronis”. Di negara Indonesia ini biasanya menyebut penyakit hepatitis dengan sebutan penyakit kuning.

Mengapa disebut penyakit kuning? Karena oenyakit hepatitis ini dapat menyebabkan perubahan pada bagian warna kulit, mata dan juga kelenjar yang ada pada ludah akan menjadi agak kekuningan. Hal ini sebenarnya dikarenakan oleh peningkatan bilirubin yang terjadi pada tubuh manusia.

Gejala dari Penyakit Hepatitis

Ingin tahu, apa gejala dari penyakit hepatitis ini? Disini saya akan membahasnya, baca ya.

Gejala menguning pada mata dan bagian kulit adalah salah satunya ciri utama untuk para penderita penyakit hepatitis. Memang mungkin sepertinya sedikit sulit terdeteksi untuk orang yang mempunyai kulit gelap karena perubahan kulit akan tidak terlihat. Sudah banyak orang kini yang salah kaprah bahwa gejala ini adalah kulit pucat yang di karenakan anemia, padahal bisa saja di terkena penyakit hepatitis.

Peningkatan suhu memang menjadi salah satu dari terjadinya penyakit kuning. Selain itu juga yang sudah cukup sering adalah timbulnya demam yang disertai dengan menggigil seperti hipotermia.

Muntah-muntah yang sudah sering terjadi walaupun hanya karena penyebab ringan. Biasanya penderita akan mengalami muntah atau mual ketika sudah ada epidemic hepatitisdi.

Untuk penderita penyakit ini, ia akan merasa kehilangan nafsu makan yang begitu drastic. Gejala yang seperti ini sering kali tidak di sadari oleh para penderitanya. Bahkan bisa juga gejala ini akan disusul dengan muntah yang disertai dengan munculnya urine berwarna kuning. Jika anda mengalami hal yang seperti ini, sebaiknya anda harus mencurigai bahwa itu adalah sebagai tanda gejala penyakit kuning.

Penderita juga bisa mengalami gatal-gatal, terutama untuk penderita hepatitis berjenis obstruktif. Efek gatal ini sepertinya disebabkan oleh saluran empedu yang tersumbat, hingga akhirnya gagal dalam memberikan empedu untuk kebutuhan metabolisme bilirubin. Si penderita akan mengalami gatal-gatal hinggan seluruh tubuh.

Pada tahap yang akhir penyakit hepatitis, akan menjadikan si penderita tidak suka lagi dengan rokok. Jadi menjadi sedikit unik, karena tidak perlu kita memberi saran untuk tidak merokok, penderita ini akan sadar dengan sendirinya.

Perlu diketahui penyakit hepatitis ini memang bisa muncul dikarenakan oleh virus yang sudah sering dikelompokkan menjadi tipe virus hepatitis A, B, C D atau E. selain itu juga, hepatitis ini juga akan di sebabkan oleh mononucleosis infeksiosa, demam kuning dan juga infeksi sitomegalovirus. Sedangkan yang menyebabkan hepatitis non-virus paling umum adalah cara penggunaan alcohol dan obat-obatan.

Terkadang, tanda-tanda munculnya atau gejala dari penyakit hepatitis akut akan ditandai dengan munculnya perasaan yang sudah tidak enak badan secara keseluruhan, kelelahan, demam, meriang, mual, muntah, hilang nafsu makan, sakit kepala, diare, sakit perut dan yang sering terjadi itu terjadi di perut bagian atas. Penyakit hepatitis ini bisa juga terjadi dalam hitungan berapa hari saja, bahkan ada juga yang hingga dua minggu. Maka dari itu, anda perlu mengertahui segalanya hal tentang apa saja gejala penyakit hepatitis dan juga cara  mengatasi dan pencegahannya.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply