3 Penyebab Paling Sering Laptop Overheat

3 Penyebab Paling Sering Terjadinya Latop Overhead

Posted on

Penyebab laptop yang cepat panas dan solusi mengatasinya. Laptop mejadi panas merupakan salah satu dari kebanyakan musuh terbesar bagi para pemilik laptop. Panas yang berlebihan dari sebuah laptop akan dapat menggangu performa kinerja dari laptop itu sendiri, dan tentunya juga akan dapat menganggu kinerja dari penggunannya tersebut. Dibandingkan dengan sebuah PC, laptop cenderung lebih cepat dan lebih mudah untuk panas.

Itu semua disebabkan karena biasanya sebuah PC masih mempunyai ruang didalamnya yang bisa digunakan sebagai sirkulasi udara, sehingga sirkulasi udara pada PC itu cenderung lebih baik bila dibandingkan dengan laptop. Sementara laptop yang dengan desain yang lebih tipis dan minimalis, otomatis menyebabkan komponen-komponen yang ada di dalamnya menjadikan laptop sangat padat, sehingga sirkulasi udara didalamnya kurang begitu baik. Kali ini saya akan memberitahukan beberapa hal yang akan dapat menyebabkan laptop menjadi lebih cepat untuk panas.

Mungkin beberapa hal yang telah saya utarakan berikut ini merupakan beberapa penyebab dari sekian banyak kasus laptop lebih cepat untuk panas. Berikut merupakan beberapa hal-hal yang dapat menyebabkan laptop kalian lebih cepat panas.

  1. Terlalu Lama digunakan

Kita tentunya sudah mengetahui jiak penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama akan dapat menjadikan meningkatnya suhu pada komponen yang terdapat pada laptop. Apalagi jika laptop kita gunakan untuk kerja berat, seperti bermain games atau sebagai desain grafis, ini akan lebih untuk mempercepat laptop menjadi panas jika hal tersebut terus berlanjut maka laptop akan mengalami overheat. Untuk mengatasi hal tersebut laptop harus diberikan waktu untuk beristirahat agar kinerja laptop dapat menjadi optimal dan dapat bertahan lama.

  1. Peletekan Laptop Ketika Digunakan

Terkadang biasanya kita selalu asal memakai laptop kita disembarang tempat, tanpa harus memperhatikan dampak-dampak apa saja yang akan mempengaruhi performa laptop kita. Peletakan laptop ketika sedang digunakan merupakan salah satu faktor penting yang biasanya menjadikan laptop kita menjadi panas yang biasanya kita selalu remehkan. Itu semua disebabkan karena penempatan laptop itu penting yang dapat berdampak pada sirkulasi udara yang ada di dalam laptop tersebut.

Misalnya saja kita menggunakan laptop diatas kasur atau diatas bantal, ini akan dapat menghambat sirkulasi udara yang terdapat pada laptop yang efeknya adalah mempercepat proses peningkatan suhu panas pada komponen yang ada didalamnya. Untuk mengatasi hal ini laptop harus di tempatkan pada tempat yang tidak dapat mengganggu sirkulasi udara yang terdapat pada laptop agar kinerja laptop dapat menjadi lebih optimal dan dapat bertahan lama.

  1. Kipas Yang Tidak Berfunsi Dengan normal

Kipas yang tidak berfungsi normal merupakan salah satu penyebab yang dapat mempercepat panasnya laptop saat digunakan, hal tersebut dikarenakan jika kipas tidak berfungsi dengan normal, maka hawa panas yang didalam laptop akan menumpuk dan sulit untuk keluar karena sirkulasi yang tidak baik dan tidak berfungsinya kipas untuk mengalirkan hawa dingin pada komponen didalam laptop akan menyebabkan laptop kita overheat.

Masalah seperti ini biasanya terjadi itu karena banyaknya kotoran yang terus menumpuk pada kipas yang dapat memperlampat atau merusak kinerja dari kipas itu sendiri. Untuk mengatasi hal ini laptop harus dibersihkan secara rutin untuk mendapatkan kinerja laptop yang lebih optimal dan dapat bertahan lebih lama.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang penuh akan keingintahuan dan ingin mencobanya. walaupun aku belum bisa melakukannya, maka aku tidak akan pernah menyerah untuk selalu mencobanya sampai berhasil. jika kalian tertarik ingin berbagi pengalaman/ilmu denganku silahkan berhubungan dengan saya... :)

Leave a Reply