mengatasi grogi dengan tersenyum saat presentasi

8 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cara Mengatasi Grogi Saat Presentasi

Posted on

Terlepas dari percaya atau tidak, masih banyak orang yang takut atau tidak PD untuk bicara di depan umum. Sebenarnya hal ini terjadi bukan karna takut akan kegagalan yang jadi masalah. Akan tetapi yang jadi permasalahannya adalah mereka takut tidak bisa tampil dengan baik. mereka takut lupa, taku gak bisa, takut di permalukan dan ketakutan- ketakutan lainnya yang ketakutan tersebut sumbernya berasal dari rasa khawatir yang berlebihan  yang muncul dalam diri.

Begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri , namun terkadang kita juga memerlukan tahapan dalam meningkatkan rasa percaya diri kita dalam waktu yang cukup singkat. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa grogi saat presentasi .

mengatasi grogi dengan tersenyum saat presentasi
mengatasi grogi dengan tersenyum saat presentasi
  1. Tersenyum

Tersenyum adalah cara yang paling sering di lakukan oleh seseorang yang bisa ia lakukan untuk menutupi rasa groginya. Kamu tidak hanya tersenyum saat kamu senang saja, namun kamu juga bisa tersenyum untuk merasa diri anda lebih baik. tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif yang terjadi pada pola pikir kita. Dengan tersenyum itu lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi wajah saja. Namun tersenyum adalah salah satu cara untuk melepaskan hormone endorphin yang tentunya akan membuat anda merasa lebih baik, yang membuat anda merasa lebih nyaman dengan diri anda dan hal ini tentunya dapat membuat anda meningkatkan rasa percaya diri anda.

  1. Tatap mata lawan bicara

Tak jauh berbeda dengan tersenyum, tataplah mata semua orang yang sedang berada di dalam ruangan, setelah itu berilah mereka senyuman dan dapat di pastika mereka pun juga akan membalas senyuman anda dengan baik. dan balasan senyum dari orrang lain itulah yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. jika anda menatap arah kebawah atau keatas saat presentasi justru hal itulah yang membuat anda menjadi ragu- ragu dan juga akan menurunkan rasa percaya diri anda.

  1. Tampilah dengan serapi mungkin

Sempurnakan lah penampilan mu terlebih dahulu sebelum ketika akan tampil mempresentasikan suatu hal. Hal ini merupakan fakta bahwa penampilan itu dapat memainkan peran penting dalam membangun rasa percaya diri.

  1. Jangan lupa untuk berdoa

jika kamu percaya pada Yang Maha Kuasa, dengan kamu berdoa, hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu saat prsentasi. Hal ini sangat membantu anda unntuk mundur sebentar dari situasi tersebut untuk meminta bantuan dari Yang Maha Kuasa.

  1. Bicaralah dengan perlahan

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menambah rasa percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Karena jika anda bicara dengan cepat, anda akan merasa tidak enak dan juga tidak nyaman. Dengan cara bicara perlahan akan memberikan anda kesempatan untuk memikirkan kata atau kalimat yang akan anda katakana selanjutnya. Berbicaralah dengan perlahan untuk menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak nyaman dan merasa tidak layak untuk di dengarkan ia akan bicara dengan cepat.

  1. Kuasai materi

saat kamu akan berbicara di depan umum, pastikan kamu memang tahu apa yang akan kamu sampaikan. Akan tetapi kamu jangan hanya sekedar tahu saja, namun harus menguasai pada keseluruhan materi tersebut.

  1. Lakukan persiapan dengan baik

Tidak akan mungkin sebuah presentasi yang sukses besar tanpa harus ada sebuah persiapan yang baik pula. Persiapan yang baik tersebut akan berdampak pada meningkatnya rasa percaya diri. Sehingga hal ini akan menggantikan rasa takut dengan keberanian. Dengan melakukan persiuapan yang baik akan membantu anda mengatasi rasa grogi yang mungkin akan muncul ketika akan melakukan presentasi .

  1. Berfikir positif

Seperti yang telah di jelaskan pada poin diatas, rasa takut tersebut akan muncul murni dalm diri karena khawatir yang berlebihan. Maka dari itu, apabila kamu ingin mengatasi hal tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus mengubah pola pikir anda. yang awalnya pikiran anda negative ubahlah ke pikiran yang positif.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa grogi jika anda sedang berbicara atau tampil di depan umum saat akan presentasi. Semoga bermanfaat J

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply