Yuk Intip, 7 Kebiasaan Orang Jepang Apa Saja Sih yang Patut Dicontoh.

Posted on

Setiap bangsa tentunya memiliki kebiasaan dan kebudayaan tersendiri yang telah menjadi ciri khasnya. Dari kebiasaan-kebiasaan tersebut ada yang memunculkan kesan yang positif da nada pula yang memberikan kesan negatif. Namun, kebiasaan orang Jepanglah yang paling banyak dibicarakan. Banyak orang yang mengekalim bahwa ada beberapa kebiasaan orang Jepang yang sepatutnya bisa kita contoh. Karena beberapa kebiasaan tersebuat akan menimbulkan dan memberikan dampak positif bagi kita semua.

Mereka orang yang di luar sana sama membicarakan tentang negara Jepang yang mampu membuat Negaranya menjadi negara maju dan memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi. Sebenarnya kena sih semua hal itu bisa terjadi? Mungkin salah satu alasanya adalah karena para orang di Jepang yang memiliki kebiasaan yang positif dan dapat terus menerapkannya sampai sekarang. Nah, berikut inilah kebiasaan orang Jepang yang seharusnya patut untuk kita contoh:

  1. Saling Menghormati Orang Lain.
Saling Menghormati Dan Memberi Salam
Saling Menghormati Dan Memberi Salam

Kebiasaan orang Jepang yang pertama ini memang patut diacugi jempol. Yaitu mereka memiliki rasa saling menghormati serta menghargai satu sama lain. Tak peduli itu jika orang yang berusia lebih tua dari mereka ataupun orang yang berusia leih muda dari mereka. Bahkan di saat mereka yang sudah kenal seling bertemu mereka akan membungkukkan badan dan memberi salam. Atau bisa kita ambil contoh dalam hal lain misalnya saja ketika mereka sedang berbicara di telepon. Maka sebelum mereka membicarakan inti dari tujuannya menelepon pasti mereka akan memberi salam terlebih dahulu dengan sedikit membungkukkan badannya dan mengucapkan kata sapaan terlebih dahulu seperti selamat malam, permisi, selamat siang, bagaimana kabar anda, dan sebagainya.

  1. Memiliki Rasa Malu yang Tinggi.
Memiliki Rasa Malu yang Tinggi
Memiliki Rasa Malu yang Tinggi

Rasa malu ialah sebuah kebiasaan yang sudah diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat jepang. Karena hal ini termasuk dari salah satu budaya mereka. Mereka akan malu sendiri terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar dari salah satu peraturan atau norma yang sudah ditetapkan. Jadi tak heran jika negara jepang ini mempunyai tingkat kedisiplinan yang tinggi. Selain itu, bahkan kebiasaan ini sudah dipraktekkan oleh orang Jepang sejak zaman dahulu. Misalnya saja dengan menusukkan samurai ke dalam perut mereka sendiri (bunuh diri) ketika mereka kalah dalam pertempuran (tapi gambaran ini jangan dicontoh ya…).

  1. Hidup Dengan Hemat.
Hidup Hemat Ala Orang Jepang
Hidup Hemat Ala Orang Jepang

Tak hanya orang cina saja yang sudah memiliki kebiasaan hidup hemat, tetapi orang Jepang juga memiliki kebiasaan yang satu ini. Bedanya kalau orang cina berhematnya sampai bisa dikatakan pelit, namun orang Jepang tidak juga segitunya. Karena orang Jepang ini dikenal sebagai suku yang suka untuk menabung, baik itu wanita ataupun pria. Orang Jepang ini sangat suka Sekali dengan prinsip berhematnya, tak hanya berhemat soal uang tetapi juga berhemat dalam hal waktu. Dan dengan cara hemat inipun mereka juga dapat sekaligus memanfaatkan untuk menjaga lingkungan, contohnya seperti halnya orang Jepang sangat menyukai berkendara dengan sepeda untuk isa pergi kemana-mana.

  1. Mempunyai Sifat Mandiri.
Orang Jepang Diajari Mandiri Sejak Dini
Orang Jepang Diajari Mandiri Sejak Dini

Sejak usia masih anak-anak para orang di Jepang sudah dilatih untuk mandiri. Bahkan di waktu mereka masih bersekolah di bangku Tk-pun mereka sudah diharuskan untuk dapat membawa tas besar dan berat yang isinya adalah bento (bekal makan siang), sepatu ganti, buku, handuk kecil, dan sebotol minuman. Dan selepasnya di SMA atau di masa bangku kuliahnya pun rata-rata dari mereka sudah tidak meminta uang untuk biaya sekolah dan kehidupannya kepada orang tua. Karena mereka merasa sudah mampu untuk bisa mencari uang sendiri. Kalaupun mereka sedang kehabisan uang maka mereka akan dengan terpaksa untuk dapat meminjam uang kepada kedua orang tuanya.

  1. Budaya Untuk Selalu Bisa Mengantri.
Budaya mengantri orang jepang
Budaya mengantri orang Jepang

Kebiasaan yang satu ini rasanya sangat berbanding terbalik seperi keadaan yang ada di Indonesia ya? Tentu saja taka sing rasanya jika orang Jepang sudah memiliki kebiasaan yang satu ini karena ini juga merupakan salah satu kunci untuk bisa disiplin. Mereka antri dalam berbagai hal misalnya saja jika mau membayar belanjaanya ke kasir, membeli tiket, bahkan untuk ke toilet sekalipun mereka juga bisa antri. Meskipun mereka memiliki prinsip untuk bisa menghemat waktu dan sangat menghargai waktu tetapi mereka tak akan mencoba sekali-kali untuk menyerobot meskipun itu tidak ada garisnya.

  1. Berusaha Untuk Selalu Tepat Waktu.
Orang Jepang Selalu Tepat Waktu
Orang Jepang Selalu Tepat Waktu

Tak perlu diragukan lagi bahwa orang Jepang ini sangat menghargai waktu. Menurut pandangan mereka membuang waktu itu sama halnya dengan mereka membuang uang. Bahkan kendaraan umum seperti bis dan keretapun semua berjalan seperti yang tertera pada jadwalnya dan tak akan terlambat semenitpun jika taka da sesuatu yang menghalanginya. Oleh karena itulah para orang Jepang ini selau berusaha untuk bisa tepat waktu.

  1. Rajin Membaca Buku.
Orang Jepang Rajin Membaca Buku DImanapun
Orang Jepang Rajin Membaca Buku DImanapun

Jangan heran bagi kamu yang pertama kali berkunjung ke Negara Jepang jika melihat ada orang yang membaca buku ketika masuk ke densha atau kereta listrik. Tak jarang sebagian orang terlihat sedang membaca buku ataupun Koran. Baik itu yang usia remaja, dewasa, bahkan orang tua sekalipun. Bahkan mereka bisa saja melakukannya saat keadaan duduk atau berdiri sekalipun demi untuk dapat bisa memanfaatkan waktu yang ada, karena mereka tak akan membiarkan waktu mereka akan terbuang dengan percuma. Wow, sangat keren bukan?

Itulah 7 kebiasaan dari orang Jepang yang patut untuk dicontoh. Dapat dibayangkan bukan jika masyarakat di Indonesia juga memiliki kebiasaan tersebut maka tidak menutup kemungkinan untuk Indonesia bisa berubah menjadi negara maju atau setidaknya dapat berubah menjadi lebih baik. Bagaimana apakah kamu bisa untuk menerapkan 7 kebiasaan tersebut? semoga saja bisa ya…

Jika kamu mempunyai kebiasaan orang Jepang lainnya yang dapat untuk dicontoh kamu dapat menambahkannya ke kolom komentar, cukup sekian dan semoga bisa bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply