Kisah Titanic Si Kapal Uap Canggih Terbesar di Dunia

Kisah Titanic Si Kapal Uap Canggih Terbesar di Dunia

Posted on

Kapal Titanic dijuluki dengan sebuah istilah “The Unsinkable” yang artinya mustahil untuk tenggelam.  Kapal Titanic adalah kapal penumpang kedua dari tiga kapal lain yang mengawali prniagaan dengan perjalanan trans-Atlantik. Merupakan kapan uap paling besar di dunia pada masanya. Namun sayang kebanggan itu hilang, di pelayaran pertama kapal ini menabrak sebuah gunung es pada Minggu, 14 April 1912 pukul 23:40 waktu kapal. Dan pada akhirnya dua jam empat puluh menit kemudian tenggelam pada pukul 2:20 pagi hari tepatnya di hari Senin.

Sebuah kapal yang sampai kini menjadi sejarah paling dahsyat. Kepercayaan menjadi kapal yang mustahil untuk tenggelam ini telah tenggelam. Bencana tenggelamnya Kapal Titanic mengakibatkan kematian penumpang lebih dari 1.500 orang. Kejadian ini juga merupakan kecelakaan laut terburuk dan menjadi sejarah tersohor hingga kini. Kisahnya yang tidak terlupakan dan faktanya yang selalu membuat penasaran seluruh orang di dunia. Kapal yang dilengkapi dengan mesin-mesin canggih dengan teknologi paling maju di zaman itu dan dijamin tidak akan tenggelam. Sangat mengejutkan bagi semua orang yang mengetahui kisahnya, walaupun dibuat dengan teknologi modern dan dikendalian oleh nahkoda yang berpengalaman teta saja tuhan menghendaki untuk tengelam. Legenda tenggelamnya Kapal Titanic hingga mengakibatkan digantinya undang-undang laut. Kapal ini menjadi terkenal pada tahun berikutnya karena ditemukannya pecahan kapal pada tahun 1985. Pasukan yang mencari kapal ini diketuai oleh Jean-Louis Michel dan  Robert Ballard.

Kisah Titanic Si Kapal Uap Canggih Terbesar di Dunia

Kapal Titanic merupakan kapal yang disainnya mampu menyaingi Lusitania dan Mauretania. Kapal milik White Star Line ini dibangun di galangan kapal Harland and Wolf tepatnya di Belfast, Irlandia Utara. Tujuan kapal ini dibuat adalah untuk menjadi kapal termewah dan terbesar di dunia yang pernah dibuat dan bisa menjadi sejarah yang mengagumkan. Pembuatan kapal dimulai pada tangal 31 Maret 1909 dan selesai diproduksi pada tanggal 31 Mei 1911. Perlengkapan dalam kapal diselesaikan pada tangal 31 Maret 1912.

Baling-baling Kapal Titanic

Panjang Kapal Titanic adalah 269 meter dan lebarnya 28 meter. Kapal ini memiliki berat total 46.328 ton, tinggi kapal dari permukaan air sampai geladak adalah 18 meter. Meskipun ruangannya banyak dan beratnya sampai berpuluh ribu ton, kapal ini panjangnya masih sama dengan Kapal Olympic. Dengan kelengkapan super yang dimiliki Kapal Titanic yaitu dua mesin canggih dengan empat silinder dan tiga baling-baling yang digerakkan oleh satu turbin Parsons bertekanan rendah. Kapal ini juga memiliki 29 ketel yang dipanaskan oleh 159 perapian batu bara. Kecepatan yang mampu dihasilkan mencapai 43km per jam. Hanya ada tiga cerobong yang berfungsi dari empat cerobong kapal setinggi 19 meter. Cerobong yang keempat hanya digunakan untuk lubang udara dan memperlihatkan keanggihan kapal ini. Kapal Titanic mampu menampung hingga 3.547 penumpang dan awak kapal. Kapal ini diberi nama tambahan di depan yaitu RMS (Royal Mail Ship) karena mengirim surat dan juga SS (Steam Ship) sebagai kapal uap.

Kelas Utama Kapal Titanic

Fasilitas yang dimiliki Kapal Titanic tidak dapat ditandingi. Kemewahan kolam renang, pemandian Turki, ruang olahraga, gelanggang squash dan perpustakaan. Terdapat ruang kelas utama yang seluruhnya dihiasi dengan panel kayu, perhiasan yang indah dan perabotan mewah lainnya. Memiliki tiga lift yang digunakan untuk para penumpang kelas utama dan satu lift untuk kelas dua.

Mesin Kapal Titanic

Kapal yang dianggap sebagai pemilik puncak arsitektur laut dan pencapaian teknologinya yang maju. Ruang kedap air yang terbagi menjadi 16 dengan pintu yang dilengakpi kunci elektrik mampu menutup hanya dengan menekan satu tombol saja dari dek kapal. Kapal ini akan tenggelam bila ruang kapal bagian pertama yang dipenuhi air lebih dari empat. Sebagian dari penumpang kapal kelas utama adalah orang yang terkenal.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply