Penjelaasan Lengkap Mengenai Mouse

Posted on

Mouse merupakan hardware atau perangkat keras yang mampu mengoutput data yang di kirim ke padanya menjadi suatu gerak yang terjadi pada dalam system computer, yang sehingga mengakibatkan kursor panah yang ada dalam tampilan layer monitor bergerak dari dalam.

Nah kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap dan singkat mengenai kegunaan mouse dan pengertiannya.

Pengertian Mouse

Mouse merupakan hardware atau perangkat keras input yang di sambungkan ke dalam system computer melalui wire ( kabel ) atau secara wirelees (tanpa menggunakan kabel). Hardware ini di beri nama mouse dikarenakan bentuknya yang seperti tikus. Bukan hanya itu kabel yang tersambug dengan mouse itulah yang membuat mouse tampak lebih mirip seperti tikus. Karena kabel itu memiliki bentuk seperti ekor tikus.

Pada era modern jaman sekarang perangkat keras yang satu ini sudah banyak digantikan oleh touchpad yang telah mengambil semua alih mengenai fungsi dari mouse itu sendiri. Namun para pengguna computer masih banyak juga yang menggunakan perangkat keras satu ini untuk mengendalikan kursor pada computer mungkin Karena simpelnya cara menggunakannya.

Fungsi Mouse

Mouse ini memiliki bebagai macam fungsi yang beguna untuk kita ketahui.

  • Menginput perintah yang di kirim ke computer yang mana cara kerjanya adalah menggeserkan mouse ke permukaan yang datar.
  • Di pakai untuk menggerakkan pointer agar menentukan kursor ke layar monitor.
  • Di pakai untuk berbagai macam kegiatan seperti melakukan double klick, membuka file, mengklick tahan dan di geser, memindahkan item dengan cara diklick tahan, mengklick kanan untuk menampilkan menu.
  • Dipakai untuk mengscrooling pada layar dengan memakai roda scrool yang terletak pada mouse.
  • Mendeteksi berbagai macam gerakan 2D secara relative ke posisinya yang selanjutnya.
  • Membuat pekerjaan kita lebih mudah dan ringan saat menggerakan pointer terlebih lagi disaat kita melakuka aktivitas seperti mengedit foto/video dan bermain video games.
  • Berfungsi untuk menampilkan tampilan menu dengan cara mengklick sebeah kanan.
  • Berfungsi untuk membesarkan dan mengecilkan suatu objek (zoom)

 

Demikianlah penjelasan yang singkat, padat, dan jelas, mengenai mouse ini. Semoga ini bisa menambah wawasan dan ilmu kalian semua mengenai komponen-komponen computer yang ada.

 

 

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply