Pengertian & Fungsi CPU

Posted on

Pengertian CPU Komputer

Pengertian dari CPU (Central Procecing Unit) Komputer merupakan sebuah perangkat yang tersusun dari berbagai macam komponen utama. CPU adalah sebuah unit yang paling berperan penting dalam sebuah computer untuk mengelolah seluruh kegiatan proses pengelolahan data dimulai dari membaca, mengelola, hingga mengoutput data yang diolah tadinya. Oleh Karena itu CPU menjadi bagian paling penting di dalam sebuah unit computer.

Fungsi CPU

CPU berfungsi seperi halnya kalkulator, hanya saja bedanya itu CPU lebih kuat dalam daya pemerosesannya. Fungsi utama dair perangkat CPU adalah mengelolah pengoperasian aritmetikan serta logika terhadap data yang di ambil dari memory hard disk atau informasi dari perangkat lainya yang di kirim ke CPU, Seperti keyboard, Mouse, maupun Scaner.

CPU di kelola atau di konrol melalui segelintir perangkat lunak atau biasa yang di sebut software computer. Software tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan cara membacanya dari media penyimpanan (Memory).  Seperti Hard Disk, Flash Disk, Disket, dan CD. Perintah-perintah tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu. Yang mana tiap-tiap perintah itu akan diberikan sebuah nama alamat memori. Sehingga CPU dapat mengakses data 2 itu pada MAA dengan memakai alamat data yang di gunakan.

 

Bagian-Bagian Penting CPU

Ada 2 bagian yang paling utama untuk mengontrol kinerja dari CPU     YAITU:

  • Bagian yang pertama adalah Arithmetic Logical Unit (ALU). Tugasnya adalah menjalankan segala aktivitas yang berhubungan dengan matematika dan Logika.
  • Bagian kedua adalah Conrol Unit (CU) Yang bertugas untuk mengendalikan semua peralatan lainnya di computer.

Sekian dari apa yang bisa saya informasikan. Semoga bisa menambah wawasan kalian tentang ilmu computer.

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply