hujan asam
hujan asam

Hujan Asam : Pengertian, Penyebab, Dampak Dan Manfaat

Posted on

Pengertian hujan asam

Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi di bumi. Hujan asam ini adalah salah satu jenis hujan apabila jika dilihat dari segi bentuknya. Hujan asam memiliki pengertian sebagai bentuk hujan yang memiliki tingkat keasaman yang di bawah normal. Yaitu sekitar di bawah 5,6. Umumnya hujan yang turun di wilayah Indonesia ini hujan dengan memiliki pH normal yakni sekitar 6. Terjadinyahujan asam ini karena adanya suatu kandungan karbondioksida yang terlarut bersamaan dengan air hujan dan memiliki bentuk sebagai asam lemah.

Karakteristik hujan asam

Sama halnya dengan jenis hujan lainnya, hujan asam ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan air hujan yang lainnya. Yang menjadikan ciri khas dari hujan asam. Ciri- ciri yang di miliki oleh hujan asam ini hanya bisa kita temukan pada hujan asam saja. Berikut ini adalah beberapa ciri- ciri atau karakteristik yang di miliki oleh hujan asam :

hujan asam
Penyebab Terjadinya Hujan Asam
  • Memiliki kadar pH dibawah normal, yaitu di baah 5,6
  • Dapat menyebabkan timbulnya rasa pusing bagi orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah
  • Menyebabkan gatal- gatal pada kulit
  • Dapat meningkatkan seseorang terserang gangguan paru- paru dan jantung
  • Hujan asamm yang awalnya terjadi karena di sebabkan oleh peningkatan emisi sulfur dioksida dan nitrogen oksida yang terdapat di atmosfer
  • Hujan asam ini terjadi karena terjadinya peningkatan kadar sulfat dan kadar asam nitrat yang ada dalam polusi udara

Karakteristik yang ada dalam hujan asam lainnya adalah meliputi rasa dan juga warna. Hujan asam ini tidak ada bedanya dengan hujan lainnya. Kita hanya bisa mengetahui terjadinya hujan asam ini dari kandungan yang di miliki oleh hujan asam tersebut, dan atau mungkin kita bisa mengetahinya dari dampak yang mungkin bisa ditimbulkan dari hujan asam tersebut.

Penyebab terjadinya hujan asam

Setelah kita mengetahui ciri- ciri dari hujan asam, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab terjadinya hujan asam. Seperti yang telah kita ketahui bahwa secara umum hujan ini di sebabkan oleh banyak hal. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjainya hujan asam :

  • Karbndioksidan dan karbon monoksida. Dua hal ini adalah suatu gas yang di hasilkan dari proses pembakarann yang bertemu dengan uap air. Yang mana jika ke- 2 gas ini bertemu akan membentuk asam karbonat yang termasuk dalam kategori asam lemah.
  • Sukfur oksida dan hydrogen sulfide yang mana jika bertemu dengnan uap air akan membentuk asam sulfat yang merupakan asam yang termasuk dalam kategori asam kuat.

itulah hal yang dapat menyebabkan terjadinya hujan asam secara alami. Selain itu hujan asam juga dapat di sebabkan oleh beberapa aktivitas manusia ataupun bisa terjadi karena fenemone alam. Fenomena alam dan juga aktivitas manusia yang dpat menyebabkan timbulnya hujan asam adalah pembakaran BBF,  kebakaran hutan, beberapa aktivitas pabrik, peleburan logam, dan letusan gunung berapi.

Dampak negative dari hujan asam

Seperti yang telah kita ketahui bahwa hujan asam ini memiliki begitu banyak dampak yang bisa di timbulkan. Jika di bandingkan dengan dampak positifnya dampak yang di timbulkan lebih banyak yang ke dampak negative nya. Berikut adalah dampak negative dari hujan asam :

  1. Dapat merusak lapisan lilin yang ada pad daun tumbuhan

Dampak negative yang di timbulkann dari hujan asam adalah dapat merusak lapisan lilin pada daun tumbuhan. Lapisan lilin ini berguna untuk menjaga pohon tersebut agar bisa melanjutkan hidupnya dengan baik. dengan adanya hujan asam ini akan merusak lapisan lilin tersebut. yang akibatnya akan merusak pohon tersebut.

 

  1. Hilangnya berbagai nutrisi yang di miliki oleh tumbuhan

Hujan asam dapat menyebabkan hilangnya nutrisi yang di miliki oleh tumbuhan. Jika nutrisi hilang dari tumbuhan makan hal ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan tumbuhan menjadi rentan terserang pemnyakit, di antaranya : mudah terkena virus, hama, serangga dan jamur serta tidak tahan dengan cuaca dingin. Dampak dari beberapa hal tersebut adalah tumbuhan menjadi cepat layu, kering yang akibatnya akan menjadikan tumbuhan cepat layu.

 

  1. Pertumbuhan akar menjadi lambat

Dampak yang di timbulkan dari hujan asam akan berpengaruh pada pertumbuhan akar tanaman menjadi lambat. Akibatnya, tanaman akan menjadi sulit dan susah untuk berkembang.

 

  1. Menyebabkan manusia mudah terkena penyakit.

Hujan asam ini tidak hanya berdampak buruk pada alam saja, namun juga berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Dampak buruk yang yang di peroleh dari hujan asam terhadap kesehatan manusia adalah penyakit paru- paru, penyakit kulit misalnya luka bakar pada kulit.

Itulah beberapa dampak negative yang di timbulkan karena hujan asam yang dapat kita peroleh. Jika kita lihat dari jenis dampaknya, hujan ini sangat membahayakan, maka dari itu kita sebagai manusia yang menempati bumi ini, sudahh seharusnya kita menjaga agar hujan asam ini tidak terjadi di bumi.

Manfaat dari hujan asam

Selain mempunyai dampak negative, terkadang juga memiliki manfaat yang tidak banyak kita ketahui. Ini sama dengan hokum alam, yang mana semua itu ada sisi positif an juga ada sisi negative nya. Sama halnya pada hujan asam. Sisi negative dari hujan asam adalah dampaknya dan sisi positifnya adalah manfaatnya. Keberadaan hujan asam di bumi ini memiliki sedikit manfaat  satu- satunya manfaat yang dapat di peroleh dari hujan asam ini adalah ia mampu melarutkan berbagai mineral yang mana hal ini sangat di butuhkan oleh tumbuhan dan juga binatang.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply