Sebelum Terlambat ! Ketahui Gejala Demam Berdarah
Sebelum Terlambat ! Ketahui Gejala Demam Berdarah

Sebelum Terlambat! Ketahui Gejala Demam Berdarah

Posted on

Demam berdarah dengue atau lebih dikenal dengan DBD merupakan salah satu penyakit menular yang biasanya terjadi pada musim hujan. Demam berdarah dikarenakan oleh infeksi salah satu dari 4 virus dengue dari keluarga yang disebarkan melalui gigitan nyamuk aedes aegepty. nyamuk aedes aegepty banyak hidup dan berkembang di lingkungan dengan iklim tropis, itulah mengapa Indonesia menjadi salah satu Negara yang paling rentan terjangkit demam berdarah.

Demam berdarah ditandai dengan rendahnya kadar trombosit atau keeping darah dalam tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan virus dengue yang menyerang sumsum tulang belakang yang memproduksi trombosit. rendahnya trombosit pada penderita demam berdarah kurang dari 100.000. Rendahnya trombosit menyebabkan darah tidak bisa mempertahankan kekentalannya sampai darah bisa keluar melalui pori-pori kulit dan menyebabkan pendarahan.

Sebelum Terlambat ! Ketahui Gejala Demam Berdarah
Sebelum Terlambat ! Ketahui Gejala Demam Berdarah

Berdasarkan data dari world health organization ( WHO ), demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang lumayan fatal dan memiliki angka kematian yang lumayan tinggi, yaitu dengan 30 kematian diantara 100 kasus. Demam berdarah dikategorikan sebagai penyakit yang paling ceapt menular dan menyebar di penjuru dunia.

Gejala terkena penyakit demam berdarah

Jika nyamuk aedes aegepty menghisap darah manusia, maka ia akan menyalurkan mentransver virus dengue ke dalam tubuh manusia. Lalu virus yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami masa inkubsi 3 hingga 10 hari. Gejala demam berdarah cenderung sulit dikenali dan sering kali dokter salah memprediksi gejalanya penyakit lain seperti tipes. Untuk hal itu, yuk ketahui gejala-gejala yang ditimbulkan demam berdarah :

Demam tinggi

Demam merupakan salah satu indikasi seseorang menagalami gangguan dalam tubuhnya termasuk saat virus dengue menyerang tubuh manusia. Sebetulnya, demam adalah mekanisme alami kekebalan sebagai cirri vahwa tubuh sedang memberikan perlawanan terhadap infeksi pathogen. Tubuh akan meningkatkan temperature maksiaml untuk membunuh pathogen virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Terasa mual

Gejala lain yang ditimbulkan olek virus dengaue yakni mual atau dalam ilmu medis dikenal dengan nausea. Saat virus menyerang tubuh, biasanya lambung akan mengeluarkan lebih banyak asam lambung sebagai respon kekebalan yubuh, naiknya asam lambung menimbulkan mual dan perasaan ingin muntah.

Otot terasa nyeri

Gejala lainya yaitu otot terasa nyeri. Pada saat tubuh terjangkit demam berdarah, maka system kekebalan akan menghasilkan cytokine, histamine dan protein lainya yang berguna untuk menangkal kerusakan dan mengalahkan virus tersebut. Namun, kadar zat ini jika terlalu tinggi bisa menyebabkan nyeri otot terutama pada penderita demam berdarah.

Kepala pusing

Penderita demam berdarah juga biasanya mengalami kepala pusing. Pusing kepala adalah salah satu tanda atau gejala suatu penyakit yang dikarenakan oleh infeksi virus dengue. Saat tubuh terkena virus dengue maka system kekebalan tubuh akan memproduksi interferon dan zat kimia lain yang bisa memicu timbulnay rasa pusing di kepala.

Muntah-muntah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa virus dengue bisa meningkatkan kadar asam dalam lambung yang menyebabkan mual dan rasa ingin muntah.

Sakit perut

Penderita demam berdarah juga akan mengalami rasa sakit perut yang berasal dari luka yang timbul sebab infeksi pada ulu hati. Biasannya penderita demam berdarah justru akan merasa sakit perut yang sangat sebelum memngalami pendarahan.

Gusi berdarah

Dikenal dengan demam berdarah karena penyakit ini bisa menyebabkan pendarahan pada beberapa bagian tubuh, salah satunya yaitu gusi. Pada saat tubuh terjangkit virus dengue, maka pembuluh darah menjadi sangat renatn dan bisa dengan mudah pecah disebabkan rendahnya permeabilitas dinding pembuluh darah dalam tubuh. biasanya penderita disarankan untuk tidak menggosok gigi atau menyenth gusi dengan benda tajam seperti tusul gigi.

Oke sobat gedubar, mungkin demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply