Don’t Underestimate ! Kenali Penyebab Dan Gejala Awal Kenker Payudara
Don’t Underestimate ! Kenali Penyebab Dan Gejala Awal Kenker Payudara

Don’t Underestimate! Kenali Penyebab Dan Gejala Awal Kanker Payudara

Posted on

Kanker payudara adalah jenis kanker yang menyerang pada organ payudara, dimana sel dalam payudara membelah dan tumbuh di luar kendali. Kanker tersebut merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita oleh masyarakat, terutama perempuan. Perempuan beresiko besat terkena kanker payudara, namun tidak menghilangkan kemungkinan bahwa pria juga dapat terserang kanker payudara.

Kanker payudara memang sulit untuk disembuhkan dan kemungkinan penderita untuk sembuh sangat minim, sehingga maklum jika kanker ini ditakuti oleh masyarakat. Walaupun demikian tidak berarti bahwa kanker payudara tidak bisa di sembuhkan sama sekali.

Don’t Underestimate ! Kenali Penyebab Dan Gejala Awal Kenker Payudara
Don’t Underestimate ! Kenali Penyebab Dan Gejala Awal Kenker Payudara

Setiap tahunya jumlah penderita kanker payudara semakin bertambha dan siklus prevalensi kanker pada setiap gender berbeda.

Apa saja Faktor penyebab kanker payudara?

Ada banyak factor yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker payudara. Berikut factor-faktornya :

  1. Riwayat keluarga

Keluarga yang memiliki penyakit kanker payudara memiliki resiko yang lebih besar penularanya.

  1. Jenis kelamin

Hal ini beresiko besar tumbuhnya kanker payudara, terutama perempuan karena memiliki payudara ynag lebih berkembnag dan memiliki lebih banyak jaringan di dalamnya di bandingkan dengan laki-laki.

  1. Genetic

Sekitar 5 % hingga 10% dari penderita kanker payudara dikarenakan oleh factor genetic.

  1. Riwayat individu

Perempuan yang memiliki kanker pada sisi payudara kanan, maka cepat atau lambat kanker itu akan menyebar ke sisi kiri. Meskipun kanker sudah diangkat, tetapi tetap saja perempuan itu masih beresiko terserang kanker payudara.

  1. Olahraga

Kurang olahraga dapat memicu kanker payudara, seseorang yang rutin berolahraga 4 jam setiap harinya akan mengurangi resiko terkena penyakit payudara 14 %.

  1. Makanan

Kurang mengkonsumsi buah dan sayur dapat memicu timbuhnya kanker payudara karena makanan tersebut dapat menangkal radikal bebas.

  1. Mengkonsumsi Alcohol

Terlalu banyak minum alcohol dapat mengganggu proses dan fungsi organ tubuh. perempuan yang mengkonsumsi alcohol beresiko 1 ½ kali lebih besar terkena kanker payudara.

  1. Radiasi

Radiasi sinar x memiliki kemampuan untuk memicu mutasi yang terjadi pada sel, akibatnya sel akan mengalami kerusakan dan kehilangan kemampuan untuk mengendalikan pembelahannya.

Gejala awal kenker payudara

Kanker payudara mempunyai gejala yang khas dan kamu pun dapat menyadarinya dengan jelas. Berikut gejalanya :

Bentuk payudara berubah

Salah satu gejala kanker payudara yakni berubahnya bentuk payudara itu sendiri. Oleh karena itu, kamu sebagai pemiliki payudara harus melakukan pemeriksaan terhadap payudaramu, apakah terjadi perubahan bentuk apa tidak.

Timbulnya benjolan

Munculnya benjolan pada payudara merupakan gejalan umum kanker payudara yang perlu kamu waspadai. Benjolan pada payudara tidak selalu menjadi indicator seseorang terkena kanker payudara, pasalnyatidak ada benjolan pada payudara pun, seseorang dapat dikatakan menderita kanker payudara. Walaupun begitu, benjolan pada payudara tetap harus kamu waspadai.

Munculnya cairan kuning

Gejala lainya yakni munculnya cairan kuning dari payudara, kalau putingnya di tekan akan keluar cairan berwarna kuning seperti nanah. Maka coba kamu tekan putingmu dengan lembut dan jika perlu periksalah.

Warna payudara berubah

Selain benjolan dan perubahan bentuk pada payudara, gejala lain kanker payudara yaitu berubahnya warna payudara. Periksa payudara kmau di depan cermin, dan lihat apakah warna payudara kamu berubah apa tidak.

Keluar darah dari puting

Keluar darah dari puting juga gejala dari kanker payudara. Hal tersebutperlu kamu waspadai, sebab tidaklah normal kalau putting kamu mengeluarkan cairan seperti darah apabila tidak dalam keadaan hamil atau menyusui.

Terdapat benjolan di ketiak

Terdapat benjolan pada bagian ketika merupakan salah satu indikasi kanker payudara yang paling umum. Sesegeralah kamu melakukan check-up kesehatan, kalau memungkinkan lakukanlah pemeriksaan USG.

Oke sobar gedubar, mungkin demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply