Gejala Asam Lambung Yang Perlu Kamu Waspadai
Gejala Asam Lambung Yang Perlu Kamu Waspadai

Gejala Asam Lambung Yang Perlu Kamu Waspadai

Posted on

Hay guys, Tahukan kamu apa itu asam lambung? Asam lambung merupakan suatu macam penyakit yang umum dan lumayan sering terjadi pada banyak orang. Penyakit yang dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan GERD atau Gastro Esophagel Reflux Disease ini adalah kedaan dimana kadar kandungan asam yang berada di dalam lambung mengalami peningkatan dan jauh dari kadar kandungan asam yang normal. Apabila lambung dalam kondisi normal, maka kadar kandungan asam lambung seseorang harusnya berada pada tingkat keasaman 1.5 sampai 3.5 ph. Biasanya keadaan asam lambung yang naik akan mengakibatkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Akan tetapi, bukan berarti asam lambung yang rendah pun baik. Asam lambung yang rendah akan membuat produksi protein untuk pencernaan menjadi terhalang, sehingga susah untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung.

Gejala Asam Lambung Yang Perlu Kamu Waspadai
Gejala Asam Lambung Yang Perlu Kamu Waspadai

Apa saja fungsi dari asam lambung?

Pada dasarnya asam lambung memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, terutama pada proses pencernaan. Berikut fungsinya :

  1. Membunuh bakteri penyakit yang masuk ke dalam lambung
  2. Menstabilkan kandungan darah dalam tubuh
  3. Membnatu pembentukan protein enzim pencernaan dalam lambung

Apa saja gejala dari asam lambung?

Ada beberapa gejala asam lambung yang hampir sama dengan gejala sakit maag, akan tetapi, naiknya asam lambung tidak sama dengan penyakit maag, meskipun memiliki penyebab dan gejala yang mirip. Mau tahu apa saja gejala asam lambung? Yuk check this out!

Terasa terbakar pada bagian dada

Asam lambung mempunyai gejala yang bernama reflux, yakni kondisi dimana asam lambung akan naik dari daerah lambung menuju kerongkongan dan bahkan sampai ke bagian mulut. Hal tersebut memiliki efek panas dan terbakar pada daerah yang dilewati oleh kenaikan asam lambung itu, diantaranya yaitu pada bagian dada dan rongga dada.

Terasa Nyeri dan perih pada perut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asam lambung memiliki gejala yang hampir sama dengan sakit maag. Salah satu gejala ynag mirip yaitu sama-sama memberikan rasa perih dan nyeri pada bagian lambung. Perbedanya adalah, rasa nyeri yang dikarenakan oleh naiknya asam lambung biasanya akan muncul tatkala kamu mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung pada tubuh kamu.

Terasa pahit pada mulut

Gejala ini merupakan lanjutan dari gejala reflux yang terjadi pada tubuh penderitanya yaitu kondisi mulut akan terasa pahit. Mulut dapat terasa pahit sebab dampak dari asam lambung yang naik hingga ke mulut, sehingga zat asam akan menimbulkan efek rasa pahit pada bagian mulut.

Muntah-muntah

Gejala lainya yakni muntah-muntah. Berbeda dengan muntah biasa sebab efek makanan atau efek dari penyakit lain, biasanya sebelum muntah akan diawali dengan gejala reflux atau naiknya asam lambung ke kerongkongan sampai mulut dan diikuti dengan lambung yang terasa mual dan kembung setelah mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar asam yang lumayan tinggi.

Bersendawa

Bersendawa adalah salah satu gejala lanjutan dari redlux atau naiknya asam lambung kea rah kerongkongan sampai pada mulut. Biasanya, sendawa akan terjadi sangat sering dan berulang-ulang terutama dalam jangka waktu dimana asam lambung kamu mengalami kenaikan dan belum diobati. Terkadang gejala tersebut akan disertai dengan rasa mual dan juga ingin muntah.

Mual dan kembung

Salah satu efek lanjutan dari gejala asam lambung yaitu terasa mual pada lambung dan menyebar pada perut kamu. rasa mual ini akan muncul sebab rasa perih dan nyeri pada bagian lambung kamu, smapai seolah-olah bagian lambung terasa begah dan kembung karena naiknya asam lambung. Biasanya mual-mual ini juga akan dirasakan sesudah mengkonsumsi makanan yang memiliki keasaman.

Nafas menjadi bau

Sifat asam akan merubah bau bau mulut. Asm lambung yang sudah naik sampai ke mulut, selain menyebabkan rasa pahit pada rongga mulut, juga akan menimbulkan efek bau mulut yang kurang sedap. Hal demikian akan membuat kamu menjadi tidak nyaman tatkala berkomunikasi dengna orang lain, sehingga akan membuat kamu dijauhi orang karena bau mulu kamu yang tidak sedap.

Bagaimana pencegahanya?

Untuk mencegah naiknya asam lambung , ada banyak cara yang bisa kamu lakuakan. Berikut ini beberapa tips mudah untuk mencegah naiknya asam lambung kamu :

  1. Menjaga dan mengatur pola makan
  2. Berolahraga secara rutin
  3. Minum air putih yang banyak
  4. Sering check-up ke dokter yang ahli lambung
  5. Jauhi mengkonsumsi alcohol dan kafein secara berlebihan
  6. Hindari makanan yang mengandung pepsin < makanan pedas >
  7. Kurangi mengkonsumsi soda
  8. Hindari makanan yang sifatnya instan dan asam
  9. Mengkonsumsi makanan yang menurunkan kadar asam lambung :
  • Brokoli
  • Wortel
  • Kunyit
  • Pisang
  • Timun
  • Kacang hijau
  • Susu kambing

Oke sobat, mungkin sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply