Manfaat Siwak dan Menurut Islam

Manfaat Siwak Menurut Islam dan Untuk Kesehatan

Posted on

Siwak, di dalam ajaran islam merupakan sebagai alat untuk membersihkan gigi, baik itu saat hendak untuk melakukan sholat maupun dalam kondisi umum setiap harinya.

Siwak  merupakan dahan atau akar dari sebuah pohon arak Salvadora persica yang biasanya digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan juga mulut. Selain itu istilah lainnya dari siwak juga di pakaikan untuk pembersih gigi yang berasal dari ranting pohon lainnya, seperti pohon zaitun atau sejenisnya. Aroma dari siwak seperti seledri dan rasanya agak sedikit pedas, lho.

Manfaat Siwak
Manfaat Siwak

Mayoritas orang-orang yang ada di negara-negara muslim mereka menggunakannya untuk menyikat gigi sertiap harinya. Meskipun mungkin ini  kedengarannya sangat kuno dan saya yakin tak semua orang muslim terutama kita sebagai muslim di Indonesia mengetahui tentang siwak tersebut, kan. Atau malah ada yang berpikir buat apa kita menggunakan kayu seperti itu yang dari ranting pohon untuk membersihkan gigi, sikat gigi masih banyak, akan tetapi pelajar di lalukan pada siwak membuktikan sebaliknya, lho.

Pasta gigi siwak itu lebih baik digunakan untuk mencegah penyakit gusi. Selain itu juga merupakan Sunnah Nabi SAW . Lalu bagaimana cara mengenai siwak dalam pandangan islam dan kajian ilmu kesehatannya? Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Siwak Menurut Pandangan Islam.

Nabi SAW mengatakan pemakaian siwak itu sebagai sunnah atau tindakan yang dianjurkan oleh Nabi. Disebutkan di sebuah hadist. (HR. Bukhori dan Muslim, Irwaul No 70)

Keutamaan sholat dengan memakai siwak itu, sebanding dengan 70 kali sholat dengan sholat tidak memakai siwak, guys. (HR.  Ahmad)

Siwak juga merupakan salah satu toleransi yang telah diberikan oleh Nabi untuk kita yang berpuasa, untuk dapat memakainya di siang hari dengan tanpa merusak ibadah puasa kita, kan.

Manfaat Siwak
Pembuat Siwak

Manfaat Siwak di dalam kitab Ath-Thubbun Nabawi :

  • Dapat Membersihkan Mulut.
  • Mencegah Pendarahan.
  • Dapat Membersihkan Gusi.
  • Dapat Menjernihkan Suara.
  • Dapat Mencegah Gigi Berlubang.
  • Dapat Menyehatkan Pencernaan.
  • Dapat Menggiatkan Bacaan.
  • Dapat Membersihkan atau Menjernihkan Otak.
  • Dapat Membantu Pencernaan Makanan.
  • Dapat Menahan Tidur.
  • Dapat Mendatangkan Ridho Dari Alla SWT.
  • Dan Dikagumi Malaikat.

Manfaat Siwak Menurut Ilmu Kesehatan.

Berbagai uji coba sudah banyak dilakukan di dalam upaya untuk mengetahui manfaatnya dari kayu siwak tersebut. Sedangkan fakta ilmiahnya dari siwak berikut ini :

Bahwa siwak itu mengandung mineral-mineral alami yang bisa membunuh bakteri, lho. Bisa menghilangkan plaqe, dapat mencegah gigi berlubang serta dapat memelihara gusi, lho.

Siwak mempunyai kandungan kimiwi yang sangat bermanfaat, seperti ini :

  • Antibakteri acids, yang berfungsi untuk membunuh bakteri, bisa mencegah infeksi dan bahkan bisa menghentikan pendarahan pada gusi, lho.
  • Kandungan kimia seperti Klorida, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Sulfur, vitamin C dan lain-lain, yang berfungsi untuk membersihkan gigi-gigi, dapat juga memutihkan gigi dan gusi.
  • Minyak aroma alami yang mempunyai rasa dan bau yang segar, yang menjadikan mulut menjadi harum dan juga menghilangkan bau mulut yang tak sedap.
  • Enzim yang mencegah pembentukan plaque yang dapat menyebabkan radang gusi. Plaque juga merupakan salah satu penyebab utamanya tanggalnya gigi secara prmature.
  • Anti decay agent atau zat anti pembusukan, yang dapat menurunkan jumlah bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut dan juga bisa mencegah proses pembusukan. Selain itu siwak juga turut merangsang produksinya saliva atau air liur lebih, yang mana saliva adalah organik mulut yang melindungi dan juga membersihkan mulut, guys.

Nah, itulah beberapa manfaat dari siwak dan menurut islam dan untuk kesehatan. Siwak itu lebih mampu untuk membersihkan gigi dan bagian mulut dari pada menggunakan pasta gigi. Siwak kini sudah jarang yang memakainya, namun banyak sekali manfaat yang terdapat di siwak tersebut.

 

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply