Kos

Cara Hidup Hemat Ala Anak Kos

Posted on

Indekos atau biasa disebut kos menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bertempat tinggal di rumah orang lain dengan membayar disetiap bulannya. Di Indonesia kos adalah sesuatu yang sangat lumrah apalagi untuk anak pelajar atau mahasiswa.

Dengan bertempat di kos, maka jarak antara kos dengan sekolah atau kampus yang jauh dapat tersiasati. Kebanyakan yang memilih bertempat tinggal di kos adalah seorang pelajar atau mahasiswa yang kebutuhannya masih ditanggung oleh orang tua.

Disini terkadang muncul masalah. Diawal bulan biasanya anak kos menerima kiriman uang dari orang tuanya memang disaat itu belum terasa, namun ketika menjelang akhir bulan mereka akan merasakan suatu keadaan yaitu uang sudah mulai menipis sementara kebutuhan yang harus dipenuhi masih banyak. Agar bisa hidup hemat, coba cara berikut ini.

  1. Masaklah makanan sendiri

Makan di kantin atau di rumah makan memang lebih nikmat dan lebih praktis, tapi kalau itu dilakukan setiap hari jelas kurang tepat untuk kalangan anak kos. Jadi sebisa mungkin masaklah makanan sendiri atau masak bersama-sama dengan anak satu kos. Sekali-kali memang boleh makan di luar tapi perlu dicatat sekali-kali bukan setiap kali.

  1. Hindari untuk melaundry

Setiap mandi sempatkanlah untuk mencuci pakaian yang telah dipakai. Dengan seperti itu kita mempunyai stok pakaian bersih yang siap untuk dipakai kapan saja. Jangan sampai menumpuk pakaian kotor yang akhirnya akan males untuk mencucinya dan jalan keluarnya adalah melaundry.

  1. Scroll timeline mading

Jangan pernah lupa untuk update mengenai beasiswa atau semacamnya ada di kampusmu. Siapa tahu kalian bisa lolos dan bisa untuk perpanjangan biaya kos beberapa bulan kedepan. Tapi kalian jangan sampai tertipu dengan tawaran-tawaran yang menipu.

  1. Pakailah fasilitas yang ada di kampus

Pakai semaksimal mungkin fasilitas yang ada di kampus atau yang ada di sekolah mu untuk melancarkan kebutuhanmu. Kebutuhan primer anak muda adalah jaringan internet. Daripada kalian pergi ke warnet yang biayanya mahal. Fasilitas sekolahlah yang lebih baik untuk mengerjakan tugas.

  1. Jagalah kesehatan

Kesehatan memang sangat penting, apalagi untuk anak kos yang jauh dari keluarga. Selain menghambat kegiatan dan menjadikan tidak produktif. Sakit juga butuh biaya, biasanya jika sakit pergi ke dokter. Minimal pergi ke apotik untuk membeli obat. Jadi anak kos jangan sampai sakit.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply