Delapan Warna yang Mempengaruhi Kualitas Tidur

Posted on

tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia, karna manusia perlu mengistirahatkan tubuh setelah melakukan kegiatan seharian penuh. Saat tidur, tubuh kita meregenerasi sel-sel tubuh dan mengeluarkan racun dalam tubuh serta meningkatkan system imuns/kekebalan tubuh. Waktu tidur yang cukup dalam sehari adalah 8 jam.  Setiap orang pasti menginginkan tidur yang lelap dan berkualitas, agar saat bangun tidur tubuh terasa segar. Kualitas tidur dapat dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya warna baju atau interior kamar. Di bawah ini saya akan menyebutkan delapan warna yang mempengaruhi kualitas tidur :

  1. Warna Kuning

Warna kuning dapat membuat tidur anda menjadi lelap, setidaknya anda dapat tidur selama 7 jam 40 menit. Menurut penelitian, warna kuning dapat menimbulkan rasa nyaman dan hangat serta menstimulasi syaraf sehingga tidur kita bisa lebih lelap dan nyaman.

 

  1. Warna Hijau

Warna hijau juga dapat membuat tidur anda menjadi berkualitas dan lama, kurang lebih selama 7 jam 35 menit. Menurut peneliti warna, warna hijau dapat menimbulkan efek ketenangan, kedamaian, dan rileks.

 

  1. Warna Orange

Dalam budaya kuno, pengaturan kamar dengan warna orange bisa membuat tidur menjadi lelap dan menyembuhkan penyakit stress, paru-paru dan membuat pikiran menjadi tenang. Akan tetapi peneliti warna menjabarkan bahwa warna orange sebaiknya dihindari saat tidur karna  dapat membuat orang tertidur hanya 7 jam 25 menit.

 

  1. Warna Biru

Warna biru dapat berpengaruh baik pada tidur anda, anda yang memakai baju tidur warna biru atau mengecat dinding kamar dengan warna biru akan merasa nyaman saat tidur dan warna biru dapat memberikan kualitas tidur selama kurang lebih 7 jam 52 menit. Peneliti menjelaskan bahwa warna biru dapat menenangkan perasaan, menjaga denyut jantung, dan tekanan darah terjaga sehingga tidur menjadi lebih nyaman.

 

  1. Warna Merah

Warna merah kurang disarankan untuk baju tidur atau warna cat dinding kamar tidur. Karna warna merah adalah warna yang terang, terkesan seperti marah dan ambisius. oleh karna itu warna merah membuat kualitas tidur anda hanya 6 jam sehari.

 

  1. Warna Emas

Warna emas tidak jauh berbeda debgan warna merah, warna emas hanya dapat memberikan kualitas tidur selama 6 jam.

 

  1. Warna Abu-Abu

Warna abu-abu juga kurang baik untuk pemilihan warna baju tidur dan cat dinding kamar tidur, karna warna abu-abu adalah warna yang suram sehingga membuat orang menjadi depresi dan  memberikan kualitas tidur hanya 6 jam.

 

  1. Warna Ungu

Warna ungu sangat tidak disarankan untuk baju tidur dan cat dinding kamar tidur, karna menurut penelitian, orang yang tidur dengan dikelilingi warna ungu hanya akan mendapat kualitas tidur selama 5 jam 50 menit. Karna warna ungu merangsang otak tetap aktif saat tidur sehingga otak tidak bisa istirahat dengan optimal.

Incoming search terms:

  • warna yang mempengaruhi kualitas tidur
  • warna ang baik untuk pakaian tidur
Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply