manfaat buah apel

10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Buah apel atau yang dalam bahasa latin disebut Malicus Domestica adalah tumbuhan buah yang mempunyai rasa yang manis dan semu masam, buah apel memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga sangat pas untuk dimakan ketika tenggorokan dalamm keadaan kering. Warna kulit buah apel bermacam-macam, ada yang merah, kuning, dan hijau tergantung dari jenis apel itu sendiri. Apel dapat tumbuh baik di daerah dengan iklim yang cukup dingin, seperti halnya kota Malang. Meskipun apel dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim yang dingin, namun ternyata tumbuhan buah apel pertama tumbuh di daerah Asia Tengah, dengan begitu tumbuhan buah apel juga dapat tumbuh di daerah tropis. Tidak heran semua orang baik yang muda ataupun yang masih muda sangat menyukai buah ini, daging buah apel mengeluarkan banyak air ketika digigit. Selain karna rasanya yang manis dan mengandung banyak air, buah apel menjadi salah satu buah yang paling diminati karna mengandung cukup banyak nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh, serta dapat bermanfaat untuk merawat kecantikan. Buah apel mengandung vitamin C, flavonoid, dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kuman dan bakteri. Kandungan betakaroten dan vitamin A yang juga ada di dalam buah apel mampu melawan sel kanker serta menurunkan kadar kolesterol. Buah apel juga mengandung turunan vitamin B seperti riboflavin, tiamin, dan piridoksin yang membuat buah apel ini semakin kaya akan manfaat. Dan berikut beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan dan kecantikan:

10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan
10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

1.Mengeluarkan Racun

Manfaat buah apel yang pertama adalah mengeluarkan racun dalam tubuh yang menumpuk pada organ hati yang disebabkan oleh makanan dan minuman berbahaya yang dikonsumsi setiap hari. Dan jikalau racun ini dibiarkan menumpuk dalam organ hati, maka akan merusak organ hati tersebut. Salah satu cara mudah dan alami untuk mengusir racun dari dalam tubuh adalah dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi serat, vitamin, dan mineral seperti apel.

2.Mencegah Sel Kanker

Seperti yang telah dijelaskan di atas, beberapa kandungan dalam buah apel dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker. Di dalam kulit buah apel terdapat senyawa triterpenoid yang membantu kinerja flavonoid untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Dan karna buah apel memiliki kandungan serat sedang, buah ini dapat mengalahkan kanker kolorektal jika dikonsumsi secara rutin.

3.Menurunkan Kolesterol

Apel memiliki kandungan serat laut yang cukup tinggi yang dapat berfungsi untuk melawan lemak dalam usus. Dan jika kedua nutrisi tersebut saling melawan atau saling bersaing, maka akan mengakibatkan penurunan penyerapan LDL dan melebihkan produksi atau penyerapan HDL atau bisa diartikan kadar kolesterol jahat akan semakin menurun dan kadar kolesterol baik akan semakin meningkat.

4.Mencegah Alzheimer

Segelas jus apel yang anda konsumsi setiap hari dapat memperbaiki sel-sel syaraf otak yang rusak, ini dikarenakan flavonoid yang terdapat dalambuah apel berperan sebagai antioksidan yang kuat.

5.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Apel mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat menjadi tameng tubuh manusia dari virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit, apalagi buah apel merah.

6.Mengendalikan Gula Darah

Tingginya serat laut dan pektin yang terdapat dalam buah apel dapat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh, dan mengangkut gula dalam aliran darah pada siklus yang lebih lambat. Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang setiap harinya memakan satu buah apel akan memperkecil resiko terkena diabetes dibandingkan dengan seseorang yang jarang mengkonsumsi buah apel.

7.Mengobati Asma

Asma dikatakan sebagai penyakit umum karena masalah pernapasan yang terjadi akibat rusaknya fungsi paru-paru ini telah dialami oleh banyak orang.  Salah satu cara untuk memperkecil resiko terkena asma dan mengobatinya secara pelan-pelan adalah dengan rutin mengkonsumsi buah apel setiap hari. Kandungan fitokimia dan polifenol dalam buah apel akan dapat membantu tubuh untuk memulihkan asma.

8.Mengangkat Kotoran yang Menempel pada Kulit

Kulit wajah maupun kulit tubuh bagian lain tidak bisa lepas dari debu dan kotoran, dan anda pemiliknya bertugas untuk merawatnya dan membersihkannya setiap hari agar kulit anda senantiasa tampak sehat dan bersih. Dan salah satu cara mengangkat kotoran dari kulit tubuh adalah dengan menggunakan masker apel, caranya haluskan buah apel menggunakan blender atau tumbukan, setelah halus masukkan buah apel ke dalam kulkas, dan setelah satu jam oleskan masker buah apel ini ke seluruh kulit tubuh, terutama wajah.

9.Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kulit yang sering terpapar sinar matahari akan mengalami kerusakan. Untuk itu, bagi anda yang sering beraktifitas di bawah terik matahari, sebaiknya gunakan sunblock dari bahan alami, yaitu dari pasta buah apel yang dicampur satu sendok teh gliserin dan pulp. Sunblock dari bahan alami tersebut akan melindungi kulit anda dari sinar ultraviolet.

10.Menjaga Kesehatan Rambut

Jika sekarang anda sedang terkena masalah kesehatan rambut, sepertinya buah apel sangat cocok dijadikan sebagai bahan alami untuk merawat dan mengurus masalah rambut seperti rambut rontok, kering, dan beruban. Selain dapat merawat rambut yang rusak, rutin melakukan perawatan rambut juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut, dan menghitamkan warna rambut. Cara membuat masker rambut menggunakan apel adalah pertama siapkan buah apel (sesuaikan dengan keperluan rambutmu), 2 sendok makan cuka, 1 sendok teh jus lemon atau air perasan jeruk nipis, dan 1 sendok teh tepung jagung. Cara mengolahnya adalah pertama parut buah apel yang sudah dicusi bersih lalu masukkan ke dalam mangkuk, masukkan 2 sdm cuka apel dan 1 sdt jus lemon atau air perasan jeruk nipis, dan juga 1 sdm tepung jagung ke dalam mangkuk, kemudian aduk sampai tercampur rata. Balurkan pasta apel ini pada rambut yang dalam keadaan kering, tutup dengan shower cup lalu diamkan selama 30 menit. Jika sudah, bilas rambut dengan air hangat, kemudian karamasi ramut menggunakan sampo. Jika anda ingin hasil yang maksimal, lakukan perawatn ini minimal seminggu sekali.

Sekian artikel saya tentang 10 manfaat buah apel bagi kesehatan dan kecantikan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply