Cari Tau Yuk Alasan Kenapa Kamu Sering Gagal Menabung Selama Ini!

adsense-fallback

Menabung? Itu bukanlah hal asing bagi kalian bukan? Sejak kecil pastilah setiap anak sudah diajari untuk menabung. Untuk merancang masa depan, diperlukan hal yang  matang, dan itu dapat direalisasikan dengan cara menabung. Walaupun mungkin sudah dibiasakan dari kecil, tetapi menabung masih sulit untuk dilakukan, karena mungkin banyaknya godaan yang akan datang. Mungkin yang tiba-tiba ada kebutuhan mendadak yang saat itu juga harus dikeluarkan. Membuat kita harus merelakan mengeluarkan uang yang sebenarnya akan kita masukkan dalam tabungan.

adsense-fallback
Menabung Selagi Muda

So, agar  keuanganmu tetap stabil dan berjalan dengan baik, yang perlu kamu tau saat ini adalah hal apa saja yang bisa membuat kamu menjadi gagal dalam menabung. Agar kamu bisa berjaga-jaga, dan agar kamu lebih bisa memanage keuanganmu.

  1. Sudah menyerah nggak bisa nabung karena pendapatan pas-pasan. Padahal kalau ada kemauan itu bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan

Apakah kamu berpikir jika pendapatanmu yang pas-pasaan membuatmu tidak bisa menyisihkan uang? Itu adalah pendapat yang salah. Karena apa? Nggak ada yang mustahil jika memang dalam hati sudah memiliki niat dan kemauan untuk menabung. Tapi kamu mudah tergoda dengan hawa nafsu sehingga kamu merasa pendapatanmu itu kurang, padahal jika kamu memang berniat menabung, nggak ada hal apaun yang bisa menggodamu. Cobalah untuk menahan hawa nafsumu membeli kebutuhanmu yang nggak penting. Jika gaji yang kamu dapatkan hanya sedikit, pasti kamu juga bisa menabunng meski itu dalam jumlah yang sedikit. Jika kamu tetap nggak bisa nahan hawa nafsumu membeli ini itu, tetap saja kamu akan seperti itu boros dan keuanganmu tidak terkontrol yang menyebabkan pengeluaranmua akan tetap membengkak.

Gaji Pas-Pasan Bukanlah Halangan
  1. Nggak terbiasa membuat anggaran keuangan setiap bulan, membuat pengeluaran semakin membengkak

Buatlah annggaran pengeluaranmu setiap bulan, supaya keuanganmu itu lebih tertata dan stabil. Catat sedetail mungkin semua pengeluaranmu, entah itu hanya membeli jajan ataupun barang keperluann sehari-hari. Kalau kamu terbiasa dan telaten membuat anggaran seperti itu, percaya deh keuanganmu akan terkontrol dengan baik, dan kamu bakalan bisa menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabung.

Buatlah Investasi Masa Depan
  1. Jarang ngecek saldo ATM, bahkan tidak pernah.

Kebiasaanmu yang ini juga merupakan kebiasaan buruk yang perlu dihilangkan. Karena apa? Karena semakin jarang kita mengecek saldo ATM maka pengeluaranpun juga nggak akan terkontrol, dan kamu juga akan melupakan jumlah nominal uang yang kamu miliki. Nah, mulai sekarang sering-seringlah untuk mengecek saldo ATM kamu, supaya kamu juga bisa mengontrol pengeluaran kamu juga.

  1. Saat belanja sering tergoda diskon

Kebiasaan yang ini pastilah susah untuk dihilangkan, apalagi bagi para wanita. Kalau sudah ada diskon besar besaran pastilah seperti ada maghnet yang menarik untuk bisa memiliki barang tersebut. Ya kalau dia bisa menahan, jika banyak barang yang didiskon, berarti banyak juga barang yang akan dibeli. Sedikit-sedikit lama lama menjadi bukit, tidak akan terasa barang yang dibelipun banyak. Hal tersebut karena godaan diskon besar-besaran. Maka dari itu tahan keinginanmu belanja barang yang tidak terlalu penting dan tidak terlalu kamu butuhkan karena itu akan membuat keuanganmu membengkak.

Jangan Mudah Tergoda Diskon Besar-Besaran
  1. Gaya hidup konsumtif yang menggila

Apakah kamu termasuk tipe orang yang suka jajan? Atau suka membelli barang barang yang sebenarnya nggak terlalu penting. Itu karena sifat borosmu sudah melekat dalam dirimu, membuatmu lebih suka membeli barang. Nah, gaya hidup seperti itu yang harus kamu kurangi, karena jika dihilangkan secara langsung pasti susahnya minta ampun. So, belajar untuk bisa mengurangi kebiasaan konsumtifmu.

Rubah Pola Hidup Konsumtif
  1. Ingat bahwa menabung itu ada tujuannya. Kalau Cuma buat gaya-gayaan, katakan selamat tinggal untuk gelar jutawan

Kalau nggak ada tujuannya, ngapain kamu repot-repot menabung. Kamu belum tau keuntungan menabung untuk masa depan itu bisa membuat hidupmu sejahtera nantinya, juga bisa digunakan untuk hal-hal tak terduga nantinya. Nah, mendingan mulai sekarang buatlah daftar untuk masa depan yang kamu mau, misalnya :

  • Dalam sebulan harus menyisihkan uang untuk kebutuhan mendadak sebesar 300.000
  • Dalam sebulan pengeluaran tidak boleh lebih dari 300.000
  • Dalam 8 bulan cicilan-cicilan harus juga sudah lunas Jutawan? Itu Masalah Gampang

Walaupun hal itu hanya contoh sederhana, itu mereupakan motivasi untuk dapat menyisihkan uang. Dan gelar jutawan pastilah nggak akan menjauh dari kamu. So, mulai sekarang belajarlah untuk menabung, nggak salah bukan, menginvestasikan uang yang kamu punya untuk masa depan kamu nanti?

Sekian artikel kami, semoga bermanfaat! Good Luck!

Incoming search terms:

  • menabung

adsense-fallback