Yuk lihat! Apa saja Makanan Khas Jawa Timur

adsense-fallback

Indonesia memang Negara yang kaya akan keaneragaman budaya,suku,tempat bahkan makananya dari sabang sampai merauke tersebar daerah yang memiliki ciri khas makanan  masing-masing, salah satunya adalah makanan khas jawa timur, Jawa timur adalah salah satu provinsi di pulau jawa yang beribukota Surabaya memiliki 29 kabupaten/kota dan memiliki 9 kotamadya, jawa timur memiliki ragam budaya yang tersebar di seluruh kabupaten dan setiap kabupaten pun memiliki cirri khas makanan masing-masing.

adsense-fallback

Pernahkah anda ke jawa timur ataukah anda orang asli jawa timur ?  bagi anda yang mengunjungi jawa timur wajib mencicipi kuliner yang ada di jawa timur, berikut ini saya akan mengulas beberapa kuliner yang ada di jawa timur .

  • Lontong balap

Lontong balap adalah makanan khas ibukota jawa timur yaitu Surabaya. Lontong balap biasa di jajakan di pinggir-pinggir jalan kota Surabaya, lontong balap terdiri dari mie,tauge, tahu goring, bawang goring,  dan kuah bumbunya, semua bahan itu di sajikan bersamaan lalu di guyur dengan kuah bumbu lontong balap.

  • Tahu tek

Bahan utama tahu tek adalah tahu yang di goring setengah matang, di sajikan bersamaan kentang goring, timun, lontong dan tauge stelah semua tercampur tidak lupa dengan  bumbunya, bumbu tahu tek tidak merepotkan hanya kacang goring yang di haluskan dengan sedikit petis. Jika anda ke jawa timur jangan lupa untuk mencicipi tahu tek.

  • Bakso malang

Dari namnya tentu sudah tahu berasal dari mana bakso ini, yah bakso malang berasal dari malang, bakso malang tidak ada yang istimewa Cuma kuah bakso malang berbeda dengan kuah bakso yang lainya. Jika anda menginginkan bakso malang tak usah jauh-jauh pergi ke malang karena bakso malng sudah ada di berbagai daerah bahkan di luar jawa timur, jika anda mengunjungi malang jangan lupa untuk mencicipi bakso malang.

  • Nasi pecel

Nasi pecel adalah makanan khas kota madiun, sebenarnya di berbagai daerah juga ada pecel tapi pecel madiun memili cita rasa tersendiri bagi pecinta kuliner.bumbunya sangat mantab dan gurih bagi pecinta pedas bisa mencicipi kuliner pecel ini. Membuat pecel sangatlah mudah cukup menghaluskan kacang goring dan bumbu pelengkap. Jika anda ke kota madiun jangan lupa untuk mencicipi kuliner pecel ini.

  • Ledre

Ledre adalah makanan khas bojonegoro, ledre berbentyuk gulungan kecil yang rasanya renyah dan gurih, makanan khas bojonegoro ini terbuat dari tepung beras yang di campur dengan pisang raja, gula pasir, santan, dan minyak kacang. Semua bahan itu di campur menjadi satu dan di buat gulung-gulung kecil seperti kerucut.

  • Nasi krawu

Bukan hanya terkenal dengan daerah penghasil semen, gresik juga terkenal dengan kulinernya yaitu nasi krawu, nasi krawu memiliki cita rasa yang enak dan nikmat. Nasi krawu di sajikan diatas daun pisang, nasi krawu identik dengan suwiran daging sapi atau jeroan sapi yang di taburi serondeng. Jika anda ke gresik jangan lupa untuk mencicipi kuliner ini.

  • Soto lamongan

Banyak daerah yang memili muliner soto , tapi soto lamongan yang menjadi pusat perhatian, cita rasa yang nikmat dan gurih menjadi factor  utama soto lamongan terkenal.

Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

adsense-fallback