Permainan tradisional

Permainan Tradisional yang Mendunia

Posted on
Permainan tradisional

Sebagian anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain bermain di mana saja mereka menghendaki bermain di luar maupun di dalam rumah bagi mereka itu tidak terlalu penting , bagi mereka yang penting adalah bagaimana cara membut hati mereka bahagia sepanjang hari, kebanyakan anak zaman sekarang lebih memilih bermain gedget yang memang di dalamnnya terdapat banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menyenangkan jadi wajar apabila sekarang permainan tradisional sudah jarang di mainkan hanya orang desa saja yang masih memainkannya. Meskipun permainan didalam gedget itu lebih menyenangkan tapi tidak ada salahnya jika kita tetap melestarikan permainan tradisional dengan cara ya memperkenalkan kepada anak-anak. Namun meskipun seperti itu kita wajib bangga dengan permainan tradisional karena ada permainan tradisional  yang masih eksis sampai sekarang dan tidak hanya di mainkan oleh orang desa bahkan permainan terkenal ke manca negara alias mendunia.

apa saja ya permainan tradisional yang mendunia, ini dia beberapa permainan tradisional yang mendunia yang wajib kamu mainkan jika kamu anak hits.

Beberapa Permainan Tradisional yang Mendunia

1.Engklek

Engklek permainan tradisional
Engklek permainan tradisional

Ternyata permainan engklek yang kerap di mainkan oleh anak-anak ini adalah permainan tradisional yang masih eksis samapi sekarang bahkan permainan ini menjadi permainan favorit dan menjadi urutan pertama permainan tradisional yang mendunia, permainan ini di mainkan oleh dua orang atau lebih pertamanya kalian harus menggambar sebuah pola di tanah atau bisa di lantai dan untuk polanya banyak tergantung dengan daerah itu sendiri, satu pemain juga harus memeliki batu lempeng atau koin sebagai penanda atau dalam bahasa Jawa biasa di sebut gacuk pemain harus melompati kotak pola dengan satu kaki tapi ada beberapa bagian koak yang harus di lompati dengan dua kakai dalam bersamaan, jika ada pemain yang menginjak garis, melewati batas atau tidak seimbang dan terjatuh itu artinya giliran teman yang lain untuk bermain. Permainan ini ada sejarahnya juga lo dulu permainan ini sangat populer hampir di setiap Negara meskipun dari setiap negara atau daerah berbeda cara memainkanya namun konsepnya tetap sama dan sejarah permainan engklek di Indonesia masih simpang siur pasalnya banyak orang yang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari Belanda dan berkembang di masyarakat di masa penjajahan.

2.Layang-Layang

Layang-layang
Layang-layang

Indonesi memang sangat kaya akan budaya dan warisan turun temurun yang sebagiannya masih lestari sampai saat ini salah satunya adalah permainan tradisional dan yang masih eksis sampai sekarang salah satunya adalah layang-layang,layang-layang yang dalam bahasa Inggris di kenal denga Kite, jika mengingat tentang layang-layang pasti yang ada di benak adalah berlari, terbang, lapangan karena itu adalah syarat bermain layang-layang. Dan ternyata layang-layang tidak hanya di mainkan di Indonesia permainan tradisional ini juga terkenal sampai dunia dan menempati rengking dua setelah permainan engklek. Layang-layang adalah permainan yang di mainkan dengan cara menerbangkan suatu benda dengan benang layang-layang sendiri di buat dari kertas, bambu atau kayu, namun  sekarang layang-layang dibuat dengan plastik dan kain, dan hebatnya sekarang ada layang-layang listrik yang di gunakan untuk penelitian. Sejarah dari permainan ini berasasal dari Tiongkok 500 tahun sebelum masehi, namun ada seorang peneliti handal yang meneliti layang-layang dan mengatakan bahwa layang-layang berasal dari Pulau Muna Sulawesi Tenggara.

3.Dakon

 

Permainan Dakon
Permainan Dakon

Dakon adalah permainan yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia, biasanya dalam permainan ini sejenis biji-bijian, batu kecil atau sejenis cangkang kerang di gunakan sebagai congklak, pada awal permainan lobang di isi dengan tujuh buah biji dan ada dua pemain yang berhadapan dan dapat memilih lobang yang akan di ambil dan memasukannya ke lobang lainnya sampai habis dan jika biji sudah habis dan masuk di lubang yang ada biji lainnya boleh mengambilnya  lalu diisikan dalam lobang yang lain sampai terdapat pada lobang byang kosong dan pemain yang lain boleh memulai permainan dan yang memiliki jumlah terbanyak itu pemenangnya. Sekarang ada permainan dakon yang di kemas unik di android, tapi meskipun seperti itu tidak ada salahnya jika kita tetap bermain dakon dengan cara tradisional tetap melestarikan warisan leluhur itu lebih baik kan. Perminan  ini di bawa oleh seorang pedagang dari arab yang di ciptakan 7000-5000 S.M. Para peneliti meyakini bahwa permainan ini berasal dari Timur tengah dan menyebar ke Afrika kemudian menyebar ke Asia. Permainan  ini memiliki banyak nama, nama  internasionalnya adalah Mancala yang berasal dari bahasa arab “naqala’ yang artinya bergerak, didunia permainan ini memiliki kejuaraan sendiri di Afrika permainan ini di gunakan sebagai pembelajaran untuk matematika untuk anak-anak menurut seorang peneliti bermain dakon memiliki manfaat melatih fungsi kognotif otak dan juga melatih memori dan memecahkan masalah.

Dan masih banyak permainan tradisional yang sampai sekarang masih di mainkan, kita sebagai anak Indonesia harus selalu melestarikan permainan tradisional jangan sampai nanti anak turun kita tidak mengetahui permainan nenek moyang kita mak dari itu untuk agar tetap lestari kita wajib memperkenlkan permainan tradisional kepada semua negara dan yang lebih utama mulai dari sekarang kenalkanlah permainan tradisional ini kepada anak-anak kita.

Itulah beberapa permainan tradisional yang mendunia kita harus bangga dengan apa yang di miliki oleh Indonesia dengan cara tetap menjaganya dan ikut melestarikannya, ayo kita kenalkan permainan tradisional Indonesia kepada Dunia.

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply