ramuan
ramuan

Kenali Tanaman yang Menyehatkan Untuk Kesehatan

Posted on

Tanaman herbal terkenal dengan bahan-bahan yang alami  seperti sayuran, tanaman yang menyehatkan. Tanaman herbal ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan tanaman yang lainnya, manfaat tumbuhan ini dalam meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai macam penyakit yang sedang kalian alami. Tanaman yang alami ini membuat anda dan keluarga anda menjadi lebih sehat lagi. Berikut ini adalah berbagai macam jenis tumbuhan yang menyehatkan tubuh anda dan keluarga anda, sebagai berikut:

1.Seledri

seledri
seledri

Tanaman seledri ini biasanya di jadikan sebagai tambahan untuk masakan seperti soto seledri ini dak hanya untuk bahan tambahan untuk masakan seledri ini mempunyai ciri-ciri yaitu tinggi seledri kurang dari 1 meter, bertangkai manjemuk, batangnya pendek, bunganya tersusun manjemuk berkarang, biasanya seledri dijual dengan sayuran.

Manfaat dan khasiat seledri bisa dipakai obat asam urat, hipertensi, dan sakit mata kering, seledri bukan hanya digunakan untuk tamabahan masakan seledri juga punya manfaat, jika anda mengalami penyakit yang ada di atas silahkan anda mencoba seledri untuk penyembuh pentyakit tersebut.

2. Mengkudu

mengkudu
mengkudu

Biasanya mengkudu ini ada beberapa macam sebutan yaitu pace, cangkudu, keumeude, dan kudu, memang mengkudu ini memiliki bau yang tidak enak, orang-orang pun tidak menyukai bau mengkudu ini, mengkudu ini memiliki bau yang sangat tidak enak tapi dibalik baunya yang tidak enak ini mengkudu memilki manfaat dan khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita seperti penyakit : menjadi obat sakit kepala, menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan sistem pencernaan, mengobati asam urat, mengobati sakit kuning dan membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Mengkudu memiliki yaitu tidak begitu besar, tingginya sekitar 4 sampai 6 meter, batang mengkudu bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan tanaman mengkudu berakar tunggang yang tertancap dalam. Kulit batang pace berwarna cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuningan, berbelah dangkal, tidak berbulu, anak cabangnya bersegi empat. Dan buahnya mula-mula berwarna hijau, menjelang masak warna buah menjadi putih kekuningan, dan setelah matang buahnya akan berwarna putih transparan dan lunak.

Mengkudu ini adalah tanaman yang mengandung berbagai khasiat.

3. Daun Sirih

daun sirih
daun sirih

Daun sirih adalah tanaman yang sering digunakan orang tua sebagai penguat gigi tapi kalau di gigi berwarna kuning, daun ini biasa digunakan untuk mengobati mimisan pada hidung, daun sirih ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat penting untuk anda lihat manfaat daun sirih ini adalah dapat menyembuhkan penyakit asma, radang tenggorokan, menghilangkan bau badan yang tidak sedap, untuk mengobati sakit mata, sebagai obat mimisan, mengobati sakit gigi dan mengatasi keputihan.

Daun sirih memiliki ciri-ciri tanaman sirih mempunyai tinggi kira-kira 10 meter, batang tanaman sirih memilki warna coklat agak kehijauan, daun sirih berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar, daunnya yang tunggal seperti jantung, ujungnya rancing, daun sirih tumbuh berseling-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sangat sedap apabila daun sirih kita remas, daun sirih memiliki panjang 5 sampai 8 cm, dan lebarnya daun sirih 2 sampai 5 cm.

Daun sirih adalah tanaman yang jarang kita jumpai.

4. Tanaman lidah buaya

lidah buaya
lidah buaya

Tanaman lidah buaya adalah tanaman yang tidak asing bagi anda, tanaman lidah buaya ini memamg tanaman yang sangat berguna bagi kesehatan, sering kita menjumpai tananman ini hanya digunakan untuk membantu kesehatan pada rambut kita padahal tanaman lidah buaya ini memilki manfaat dan khasiat yang sangat bemanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga anda.

Tanaman lidah buaya ini memilki manfaat yang membuat tubuh kita sehat yaitu, sebagai penyubur rambut, perawatan kecantikan, mengobati sakit kulit, sebagai peyembuh luka, serta perendam rasa panas pada luka bakar dan obat kanker.

Tanaman lidah buaya memilki ciri-ciri yaitu tanaman lidah buaya ini tingginya 30 sampai 50 cm, daunnya tunggal, memiliki daging yang sangat tebal, dan memilki getah bening. Bentuk daunya penjang dan ujungnya runcing, tepi berduri, memiliki lebar 2 sampai 10 cm, tanaman lidah buaya memilki warna hijau muda dihiasi dengan bercak-bercak putih pada kulitnya.

5. Belimbing

belimbing
belimbing

Belimbing tidak hanya sebagai buah yang terkenal memiliki rasa yang sangat asam, buah belimbing ternyata memiliki manfaat untuk membuat menyembuhkan penyakit atau menjadi obat untuk kesehatan tubuh anda, buah belimbing memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, seperti banyak mengandung viatamin A, B, C, protein, kalsium dan lain-lainya.

Buah belimbing memiliki ciri-ciri yaitu memiliki batang yang keras dan batang keras memiliki tinggi 5 sampai 12 meter, buahnya seperti buni, memiliki bentuk bulat memanjang sekitar 4 sampai 13 cm, dengan rusuk yang sangat tajam dan dengan kulit yang tipis, belimbing memiliki warna hijau bila masih muda dan kuning jika sudah tua.

6. Temulawak

temulawak
temulawak

Temulawak adalah yang memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh anda, temulawak memiliki manfaat seperti memiliki kandungan kurkum, yang berguna sebagai anti radang ataupun anti keracunan empedu, temulawak mampu mencegahnya karena temulawak mampu mengobati sakit hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama penyakit kanker.

Temulawak memiliki ciri-ciri yaitu, dengan terna berbatang semu dengan tinggi hingga lebih 1 meter tetapi tidak lebih dari 2 meter. Dengan daun berwarna hijau atau coklat keunguan, panjangnya 30 cm-85 cm dan lebarnya 10-18 cm.

7. Cincau

daun cincau
daun cincau

Cincau tidak hanya dinuat sebagai minuman yang menyegarkan tengorokan yang sedang kehausan,cincau ternayta memilki manfaat dan khasiat yang bisa menyembuhkan kesehatan anda, cincau memiliki manfaat yaitu sebagai obat radang lambung, tekanan darah tinggi, tifus dan demam.

Cincau memiliki ciri-ciri yaitu memiliki tinggi sekitar 6 meter, daun daunnya cincau tunggal, memiliki bebtuk bulat perisai dengan ujung runcing, pangkal tumpul dan tepi rata. Permukaan daun cincau berbulu, pertulangan daunya menyirip, dan daun cincau memiliki warna hiaju.

Dan demikian itulah berbagai macam tanaman dan buah-buahan yang memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh anda.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Hidup itu seperti bersepeda, walaupun banyak rintangan membentang kamu harus terus mengayuhnya untuk menjaga keseimbangan..

Leave a Reply