Manfaat yang Sangat Luar Biasa dari Jeruk Nipis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Jeruk nipis siapa yng tidak kenal dengan jeruk nipis buah yang berbentuk kecil ini dan rasanya yang sangat terkenal khasnya membuat orang terkadang tidak ingin mencobanya. Buah mungil ini memilki nama latin Citrus Aurantifolia yang sangat terkenal dengan keasamannya, namun jangan salah sangka buah yang kecilini ternyata memiliki banyakmanfaat bagi tubuh kita dan slah satu khasiatnya itu behubungan dengan wajah.

Apakah ada yang emngerti mengapa jeruk nipis bermanfaat bagi wajah kita? Pada dasarnya juruk nipis memiliki vitamin C dan antioksida yang tinggi dan sebagai salah satu asam yang memiliki kandungan gula alami yang sangat bermanfaat bagi kulit wajah.

Membantu Dalam Pegangkatan Sel Kulit Mati

Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis ini bisa menarik sel sel kulit yang mati di wajah kita, hal ini sudah sangat terbukti jelas dengan adanya berbagai macam penelitian. Kulit yang berrsih dapat membuat pori pori bernapas lebih bebas dan mendorong untuk mmbuat kulit baru yang lebih sehat, dan menjaga keelastisan pada kulit. Jika ngin yang lebih maksimal maka gunakan aiar jeruk nipis yang hangat dan diolskan kewajah dengan kapas.

Membantu membersihkan Komedo

Komedo adalah masalah yang sering dan umum terjadi disemua kalangan orang terutama bagi para remaja, sampai sampai banyak orang yang kesulitan untuk menghilangkannya karan selalu ada dan muncul. Padahal jika kita tau cara mengatasinya itu sangatlah mudah dan tidak akan terasa sakit cukup dengan menggnakan jeruk nipis kita dapat engurangi bahkan sampai menhilangkan komedo pada wajah kita, dengan cara menggunakan cara khastradisional dan alami cukup dengan mengoleskan air jeruk nipis kebagian yang banyak komedonya pada malam hari kemudian tunggu hingga semalaman dan bilas wajah kita ketika bangun dari tidur.

Membuat wajah Lebih Sehat dan Bersinar

Dengan dengan terangkatnya komedo yang berada di muka kita dan sel sel kulit mati sudah tidak ada lagi maka kulit wajah yang tadinya tampak kusam dan berminyak maka kulit akan terlihat bersih dan bersinar karna ketika sel sel kulit mati telah hilang maka akan menumbuhkan sel kulit yang lebih fresh.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Didalam jeruk nipis terkandung minyak limonene dan linalool, dan flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin, dan naringin. Kandungan buah jeruk nipis yang sudah matang adalah synephrine, dan N-methyltyramine, tidak hanya itu saja tapi jua ada asam sitrat, kalsium, fosor, bessi, dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitrat mampu mencegah kekambuhan pada pasien ketika melakukan operasi batu ginjal. Berikum adalah manfaat buah jeruk nipis bagi kesehatan tubuh.

1.Ambeien

Jeruk nipis dapat meyembuhkan atau mencgah ambeien dngan cara merebus air 1 liter dengan akar pohon jeruk nipis yang sudah I cuci bersih kemudian disaring dan diminum dengan hangat 3 kali sehari.

2.Amandel

Dengan 3 kulit jeruk nipis yang suda dicuci bersih dan dipotong kemudian direbus dengan 2 gelas air sehingga airnya terisa sekitar ¾ kemudian gunakan air untuk berkumur kumur dan lakukan secara rutin 3 kali sehari maka dapat mencegah terjdinya penyakit amandel.

3.Anyang Anyangan

Dengan 2 jeruk nipis yang sudah diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan dicampur dengan segelas air hangat dan diminumminimal sehari sekali maka akan mencegah terjadinya penyakit anyang anyangan.

4.Batuk

Satu buah jeruk nipis yang udah diperas kemudian dicampur dengan satu sendok makan madu dan dicampur dengan garam secukupnya dapat menyembuhkan batuk yang sedang anda derita dngan meminumnya 2-3 kali sehari.

5.Batuk disertai Influenza

Potong satu buah jeruk nipis yang sudah matang yang memiliki kandungan air yang cukup banyak kmudian peras setelah itu campur air perasannya dengan air hangat dan tambahkan satu sendok the air kapur sirih dan minum ramuan ini secara teratur 2 sendok makan selama 2 hari sekali.

6.Bau Badan

Untuk menghilangkan bau badan ada 2 cara yang bisa kita lakukan cara pertama:

-Potong jeruk nipis yang lumayan besar ukurannya menjadi 2 bagian kemudian olesi bagian yang telah diiris dengan kapur sirih yang tipis tipis kemudian oleskan keketiak setelah mandi, diamkan beberapa menit kemudian dibilas dengan air bersih dan lakukan setip pagi dan sore.

Cara kedua:

-Tumbuk beberapa daun muda jeruk nipis hingga halus kemudian digumpalkan kcil kecil dan diminum 3 kali sehari.

7. Batu Ginjal

Yang telah kita ketahui penyakit batu ginjal adlah penyakit yang lumayan parah dan jika kalian ingin mengobatinya harus mengeluarka uang yang sangat banyak tapi sebenarnya kita bisa mencegah itu dengan cara memeras dua butir jeruk nipis kampong kemudian dicampur dengan dua gelas air hangat kemudian minum setelah makan malam dan lakukan itu dengan rutin.

8. Difteri

2 jeruk nipis yang telah dicuci kemudian diperas airnya dan campur dengan satu gelas air panas dan ditambah satu sendok makan madu kemudian lakukan kumur kumur selam dua menit dan air dlam keadaan hangat setelah itu diminum.

9. Demam Atau Flu

Untuk menyembuhkan penyakit demam ada 2 cara yang bisa kita lakukan, adapun cara pertama yaitu dengan memeras 1 buah jeruk nipis kemudian ditambah dengan 3 buah bawang merah yang telah dihaluskan dan ditambah satu sendok minyak kelapa kemudian oleskan di kening penderita. Cara kedua yaitu satu buah jeruk nipis dibakar sebentar kemudian dipotong dan diperas lalu dicampur dengan satu sendok makan madu dan diminum sekaligus.

10.Sehabis Melahirkan

Dengan satu sendok makan kapur sirih dan perasan jeruk nipis kampong kemudian di oleskan di pada perut lakukan setip hari setelah mandi selama tiga bulan supaya perut terhindar dari keriputan dan kempis menjadi seperti sedia sekalanya.

11. Jerwat

Satu jeruk nipis diiris kemudian dioleskan kewajah maka akan mengilangkan jerawat yang berada dimuka anda.

12. Mencegah Rambut Rontok dan Berketombe

Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian kemudian dioleskan kekulit kepala sampai rata lalu tutupi rambut dengan handuk semalaman kemudian keesokan harinya bilas dengan air bersih dan lakukan itu selama 3 kali dalam seminggu.

13.Melebatkan Rambut

Satu butir kuning telur ayam kampong dicampur dengan 3 perasan jeruk nipis kampong bsampai rata, kemudian gosokan pada kulit kepala pijit pijit sampai merata kemudian biarkan selam 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi lebat dan mengkilap.

14.Menghentikan Kebiasaan Merokok

Iris satu butir jeruk nipis kemudian hisap setelah itu minum satu gelas air putih dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

15.Vertigo

Haluskan setengah genggam daun jeruk nipis kemudian tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, kemudian gosokan ketengkuk ,pelipis dan dahi anda dan lakukan selama 2 kali sehari.

16.Radang Tenggorokan

Potong tiga buah jeruk nipis yang sudah matang kemudian peras kemudian dicampur dengan setengah gelas air panas dan tambahkan satu sendok makan madu, selama ini masih hanga gunakan untuk berkumur selama satu menit dan kemudian baru ditelan.

17. Lendir di Tenggorokan

Iris dua buah jeruk nipis kemudian dicampur dengan setengah gelas air panas dan garam secukupnya maka akan membuat tenggorokan anda lebih fresh dan anda dapat meminumnya dalam keadaan perut kosong.

18.Panu

Cuci 1 genggam akar landep lalu ditumbuk hingga halus kemudian ditambah perasan jeruk nipis sambil diaduk hingga rata, oleskan ramuan tersebut kebagian tubuh anda yang terkena panu lalu ditutupi dengan kain perban, ganti kain perban selama 2 hari sekali sampai sembuh.

19.Panas Saat Malaria

Siapkan 3 lembar jeruk nipis kemudian dan daun Kendal, dan lima lembar daun prasman kemudian rebus air bersama dengan daun daun tersebut lalu tunggu hinggga air menjadi dingin kemudian ditiriskan dan air tersebut dibagi menjadi 2 gelas dan minum pagi dan sore.

20.Terkilir

Siapkan tiga buah jeruk nipis yang sudah matang dan banyak airnya kemudian belah menjadi 2 lalu dimasukan kedalam setengah gelas air panas lalu ditutup. Setelah dingin ambil jeruknya kemudian diperas dan disaring setelah itu tambahkan satu sendok mkan minyak kayu putih dan dua sendok mkan minyak gandapura, kemudian oleskan ramuan ini kebagian yang terkilir setelah itu minum ¾ gelas air kelapa hija yang masih muda dan lakukan selama tiga kali sehari.

21.Pegal Linu

Cuci dua buah daun nipis dan daun ketapang china dan daun sambiloto semuanya sepertiga genggam , sepuluh lembar daun sirih, dua akar papaya, dua akar kepayang, 3 akar daun kelor, dan sepuluh buah caberawit kemudian tumbuk semua itu sampai halus kemudian rendam ramuan itu dalam satu liter alkhohol selama satu minggu, dan air perasannya dapat digunakan untuk mengurut dan menggosok pada bagian yang sakit.

22. Sakit Gigi

Campurkan air jeruk nipis denagn gilingan akar kecubung dan gilingan legetan warak masing masing satu sendok makan. Tambahkan ¾ cangkir air garam kemudian aduk hingga rata selanjutnya peras ramuan itu dan di saring, dan gunakan air saringannya untuk berkumur selama bbeerapa menit kemudian buang dan lakukan itu semua selama empat sampai enam kalia sehari.

23.Melangsingkan Badan

Air perasan jeruk nipis yang sudah dituangkan kedalam gelas teh hijau dapat melangsingkan tubuh anda dan jangan lupa untuk minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari dan lakukan setiap hari.

24. Menambah Stamina

Campurkan satu buah kuning telur ayam kampong kedalam gelas dan perasan air jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah, kemudian aduk sampai rata lalu minum dan lakukan sekali dalam seminggu.

25. Tekanan Dara Tinggi

Sediakan dua puluh kuntum bunga dan tiga puluh lembar daun jeruk nipis, cuci sampai bersih kemudian tambahkan dua buah perasan jeruk nipis, rebus bahan bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ . setelah itu saring ramuan tersebut dan tunggu hingga dingin kemudian minum air tersebut 3 kali sehari, untuk lebih maksimal lagi tambahkan dengan sedikit madu dan lakukan setiap hari sekali.

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply